Banda Aceh, Acehglobal – Kontingen Aceh masuk kategori lima besar perolehan medali sementara pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut. Data tersebut di update Minggu (8/9/2024) sekitar pukul 23.45 WIB.

Sebagai tuan rumah, Aceh naik ke posisi keempat dengan total 21 medali, yaitu 9 medali emas, 7 perak, dan 5 perunggu. Ini merupakan kemajuan besar bagi Aceh yang sebelumnya berada di posisi tujuh.

Kontingen Jawa Timur (Jatim) yang sebelumnya berada di urutan kedua klasemen perolehan medali tiba-tiba mencuri perhatian dengan menggeser posisi Jawa Barat (Jabar) dari puncak klasemen sementara.

Jatim memimpin klasemen dengan total perolehan 39 medali yang terdiri dari 17 medali emas, 10 perak, dan 12 perunggu.

Sementara itu, Jabar yang sebelumnya sempat memimpin perolehan medali kini turun ke posisi kedua dengan koleksi 42 medali, yang meliputi 12 emas, 15 perak, dan 15 perunggu.

Sedangkan pada posisi ketiga, DKI Jakarta menggeser Lampung. DKI mengantongi 36 medali yang terdiri dari 10 emas, 19 perak, dan 7 perunggu.

Di posisi kelima, tuan rumah kedua Sumatera Utara (Sumut), juga mencatatkan prestasi mengesankan dengan perolehan 9 medali emas, 1 perak, dan 5 perunggu.

Sementara Lampung, yang sempat bersaing ketat di papan atas, kini berada di posisi keenam dengan 8 emas, 5 perak, dan 3 perunggu.

Di bawah Lampung, ada Provinsi Riau yang kini menempati posisi ketujuh dengan perolehan 6 emas, 5 perak, dan 5 perunggu.

Sedangkan posisi kedelapan ada Banten dengan perolehan 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Papua berada di posisi kesembilan dengan 4 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Diikuti Bali pada posisi kesepuluh dengan perolehan 3 medali emas, 2 perak, dan 4 perunggu.

Perebutan medali PON XXI Aceh-Sumut semakin memanas dengan pergeseran posisi yang mencolok, menunjukkan dinamika kompetisi yang ketat pada ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Selain itu, ada 12 provinsi yang belum sama sekali memperoleh medali. 12 provinsi tanpa perolehan medali tersebut yaitu; Babel, Bengkulu, Gorontalo, IKN, Kalteng, Kepri, Maluku, Malut, NTB, PBD, Sulteng dan Sulut. (*)