Jakarta, AcehglobalPemerintah Aceh meraih penghargaan bergengsi Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2023 sebagai juara pertama di tingkat provinsi.

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dalam acara yang akan berlangsung di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, pada Rabu, 18 September 2024.

Informasi tersebut disampaikan Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, Muhammad Daud, Kamis (12/9/2024) di Banda Aceh.

“Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada kepala daerah yang dinilai berhasil dalam kepemimpinan dan pengelolaan lingkungan hidup. Pemerintah Aceh dinobatkan sebagai pemenang atas komitmen kuatnya dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan,” ujar Muhammad Daud.

Selain Pemerintah Aceh, DPR Aceh juga meraih prestasi membanggakan dengan menempati posisi ketiga untuk kategori Green Leadership Nirwasita Tantra tingkat provinsi. Prestasi ini mencerminkan peran aktif DPR Aceh dalam mendukung kebijakan ramah lingkungan dan pengawasan terhadap pembangunan berkelanjutan di daerah.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas upaya bersama antara pemerintah dan legislatif di Aceh dalam menjaga lingkungan hidup,” katanya.

Dengan penghargaan ini, diharapkan Aceh dapat terus memimpin dalam upaya pelestarian lingkungan di Indonesia, sekaligus menjadi inspirasi bagi daerah lain.

Penghargaan Nirwasita Tantra tahun ini juga diberikan kepada sejumlah kepala daerah dan DPRD dari provinsi, kabupaten, dan kota lainnya di Indonesia. (*)