Banda Aceh, Acehglobal – Arus kepulangan kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Wilayah Aceh mulai mencapai puncaknya.

Hal itu terlihat Rabu (18/9), ramainya atlet dan ofisial yang memadati area keberangkatan Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar kembali pulang ke daerahnya masing-masing

“Lonjakan arus penumpang hari ini sesuai prediksi kami, karena beberapa cabang olahraga yang dipertandingkan di Banda Aceh dan Aceh Besar telah berakhir,” kata Ketua Bidang Transportasi PB PON XXI Tahun 2024 Wilayah Aceh, Teuku Faisal melalui keterangan tertulisnya, Kamis (19/9/2024).

Untuk mengatasi peningkatan jumlah penumpang, pihaknya telah berkoordinasi dengan manajemen PT Angkasa Pura Indonesia dan maskapai penerbangan untuk menambah frekuensi penerbangan dari Banda Aceh.

Maskapai Garuda Indonesia, misalnya, menyediakan empat penerbangan tambahan dengan pesawat berbadan besar yang dapat menampung 394 penumpang, mulai 18 hingga 21 September 2024.

“Penambahan ini bertujuan untuk memperlancar arus kepulangan kontingen,” tambah Teuku Faisal.

Selain itu, lanjut Teuku Faisal, untuk mempermudah proses keberangkatan, maskapai juga menawarkan layanan khusus, termasuk kemudahan check-in bagasi pada H-1 sebelum keberangkatan.

“Kami mengimbau kontingen memanfaatkan layanan ini untuk mengurangi waktu tunggu di bandara,” imbaunya.

Teuku Faisal juga menjelaskan, layanan transportasi untuk kepulangan kontingen dimulai dengan penjemputan dari hotel tempat mereka menginap, di mana panitia menyediakan kendaraan untuk mengantar ke bandara.

“Layanan ini diberikan sesuai permintaan masing-masing kontingen, paling lambat H-1 sebelum kepulangan,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Bidang Transportasi PB PON XXI, Teuku Rizki Fadhil, menambahkan bahwa layanan kepulangan telah dimulai sejak 11 September.

“Hingga hari ini (18/9), sebanyak 3.830 atlet dan ofisial telah kembali ke daerah masing-masing,” ujarnya.

Pihaknya akan terus memantau layanan transportasi, terutama pada periode puncak ini.

“Dengan semakin banyaknya cabang olahraga yang selesai, jumlah kepulangan atlet akan terus meningkat, dan kami siap menghadapi lonjakan arus tersebut,” tuturnya.(*)