Blangpidie, Acehglobal — Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Sunawardi, baru saja menjabat kurang dari satu bulan setelah dilantik pada Minggu, 11 Agustus 2024. Namun, ia telah dilaporkan ke polisi atas dugaan kekerasan.

Laporan tersebut diajukan ke Polres Abdya setelah Sunawardi diduga melakukan tindakan kekerasan terhadap Yusri (58), seorang tenaga kontrak yang telah lama bertugas sebagai petugas pemadam kebakaran di Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Abdya.

Insiden ini terjadi saat Pj Bupati Sunawardi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke kantor BPBK Abdya pada Kamis (29/8) pagi sekitar pukul 08.30 WIB.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Penanggulangan Kebakaran BPBK Abdya, Nanda Hikmah Fajri, dalam keterangannya pada Jumat (30/8) di Blangpidie, mengungkapkan kronologi kejadian tersebut.

“Saat itu, Pj Bupati tiba-tiba datang ke meja piket untuk memeriksa absensi. Tanpa alasan yang jelas, beliau memukul meja dan menendang Yusri hanya karena tidak memakai sepatu,” ujar Nanda.

Yusri, yang merupakan petugas tertua di BPBK Abdya dan memiliki riwayat tekanan darah tinggi, mengalami trauma serta rasa sakit di pergelangan kakinya akibat tindakan tersebut.

“Setelah kejadian, tensi darah beliau naik, dan teman-teman petugas pemadam mendesak saya untuk melaporkan kejadian ini ke Polres Abdya,” kata Nanda.

Saat ini, laporan resmi telah diajukan di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Abdya. Yusri juga telah menjalani pemeriksaan visum di Puskesmas Blangpidie sebagai bagian dari proses hukum yang sedang berlangsung. (*)