Alhamdulillah, Semua Korban Hilang Banjir Bandang Kota Batu Sudah Ditemukan

  • Whatsapp
Konferensi pers Wali Kota, Dewanti Rumpoko terkait peristiwa banjir bandang di Kota Batu. (Foto : Screenshot YouTube BNPB)

GLOBAL JATIM – Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan, semua korban hilang akibat banjir bandang yang menerjang wilayah tersebut sudah ditemukan.

“Bersyukur semua korban yang hilang sudah ditemukan sebanyak 7 orang,” ujar Dewanti dalam Youtube BNPB, Sabtu (6/11/2021).

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, saat ini semua korban sudah dievakuasi ke tempat aman.

Sementara, tambah Dewanti sejumlah tempat, seperti fasilitas umum dan jalan yang terdampak banjir bandang sempat tertutup. Namun, kini jalanan tersebut sudah bisa diakses kembali oleh warga.

“Dan beberapa juga tempat-tempat yang kemarin sangat terdampak seperti fasilitas umum, jalan, itu alhamdulilah itu sudah bisa dilalui,” katanya.

Diketahui, sejumlah titik di Kota Batu, Jawa Timur, diterjang banjir bandang akibat hujan deras, pada Kamis (4/11/2021) pukul 14.00 WIB.

Banjir yang disertai lumpur, material batu, kayu dan sebagainya itu juga menghantam rumah penduduk.

Banjir tersebar di lima titik, yakni di Dusun Sambong, Desa Bulukerto, Dusun Beru, Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Jalan Raya Selecta, Desa Tulungrejo, Jalan Raya Dieng, Desa Sidomulyo.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menyebutkan, banjir bandang di Kota Batu disebabkan oleh luapan anak Sungai Brantas akibat hujan deras.

Adapun, tinggi luapan air bervariasi. Paling tinggi adalah empat meter. Meski begitu, pihaknya masih butuh kajian lebih lanjut untuk menentukan penyebab adanya material lumpur dan kayu tersebut. (*)

Pos terkait