Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Pelatihan KPMG

228
×

BKAD Blangpidie Abdya Gelar Pelatihan KPMG

Sebarkan artikel ini

GLOBAL BLANGPIDIE – Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas bagi kader pemberdayaan masyarakat gampong (KPMG) yang berlangsung di Aula Bappeda Abdya, Senin (1/11/2021).

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Camat Blangpidie, Krisnur SP. Turut hadir Kabid PMG DPMP4 Abdya, Arief Zulfahmi, Korkab TPP Abdya Teuku Jasman, TAPM A. Rachim Syahputra, dan TA ID Sri Kurniati. Masing-masing mereka bertindak sebagai pemateri.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Disamping itu, kegiatan pelatihan KPMG ini jika dihadiri seluruh PD dan PLD dan pengurus BKAD Kecamatan Blangpidie, Abdya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta dari unsur KPMG-Pemberdayaan dan KPMG-Teknik dari 20 gampong dalam wilayah Kecamatan Blangpidie.

Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping Desa Blangpidie, Muhammad Tahir menjelaskan, pelatihan KPMG ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kader pemberdayaan masyarakat gampong dalam rangka mengoptimalkan peran dan fungsi KPMG di gampong, baik di bidang teknik maupun bidang pemberdayaan.

Baca Juga :   Warga Gampong Cot Jeurat Blangpidie Butuh Tanggul Pengaman Sungai

“Salah satu peran KPMG yang strategis di gampong meliputi memfasilitasi proses perencanaan pembangunan di gampong,” ujar Tahir disela-sela kegiatan pelatihan.

Selain itu, tambah Tahir, pada tahap pelaksanaan KPMG juga dapat dimanfaatkan oleh PPKG masing-masing gampong dalam proses pelaksanaan kegiatan, seperti pelatihan yang dilaksanakan di tingkat gampong, pembangunan sapras dan non sapras.

Baca Juga :   Jelang Lebaran Idul Fitri, Harga TBS Sawit di Abdya Anjlok

“Harapan kita kedepan diharapkan KPMG dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai Permendes Nomor 21 tahun 2020 tentang pedoman umum pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” pungkasnya.

Kegiatan berlangsung dengan mempedomani protokol kesehatan Covid-19, seluruh peserta dan lainnya tetap memakai masker. (*)