Infrastruktur Jalan Prioritas Musrenbang Gampong Baharu Blangpidie Abdya

  • Whatsapp
Pemerintah Gampong Baharu, Kecamatan Blangpdie, Abdya menggelar musrenbang gampong TA 2022 yang berlansung di Aula Kantor Keuchik setempat, Kamis (16/9/2021). FOTO : ACEHGLOBALNEWS/SALMAN

GLOBAL BLANGPIDIE – Infrastruktur merupakan sektor pendukung dalam berbagai kegiatan perekonomian, termasuk pertanian. Salah satu strategi pemerintah adalah dengan melakukan peningkatan pembangunan infrastruktur.

Hal itu terungkap pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) TA 2022 Gampong Baharu, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), yang digelar di Aula Kantor Keuchik gampong setempat, Kamis (16/9/2021).

Bacaan Lainnya

Pj Keuchik Gampong Baharu, Nanda Saputra mengatakan ada beberapa usulan peserta yang disampaikan pada forum musrenbang, namun yang menjadi prioritas ialah pembangunan infrastruktur jalan.

“Dari beberapa usulan, para peserta musrenbang menyepakati lanjutan pembukaan jalan baru sebagai prioritas utama pada pembangunan gampong tahun 2022 mendatang,” katanya.

Tambah Nanda, lanjutan pembukaan jalan baru itu sangat dibutuhkan warga, karena dapat mempermudah akses transportasi warga menuju ke lahan pertanian dan perkebunan milik mereka.

Disamping itu, sebut dia masih ada usulan infrastruktur lainnya yang dirangkingkan dalam musrenbang desa menjadi skala prioritas, diantaranya pembangunan WC kantor desa, pembangunan saluran pembuang, penutup saluran drainase, pembangunan jembatan, dan pembangunan Jamboe Jeurat, serta jalan setapak.

Pj Keuchik termuda di Kecamatan Blangpidie ini juga mengatakan, sebelumnya para kepala dusun (Kadus) sudah memfasilitasi musrenbang dusun untuk menampung aspirasi warga di tingkat dusun.

“Sebelum kita adakan musrenbang desa ini, tiga kepala dusun juga sudah melaksanakan musrenbang di dusunnya masing-masing,” ujarnya.

Pada musrenbang desa ini, usulan-usulan peserta musyawarah tersebut dilakukan pembahasan untuk menjadi skala prioritas yang akan dimasukkan dalam rencana kerja pemerintah gampong (RKPG) TA 2022 nanti.

Nanda menuturkan, pada hakekatnya forum musrenbang dilaksanakan dengan tujuan untuk menggali berbagai permasalahan dan aspirasi masyarakat.

“Forum Musrenbang ini kita adakan untuk menampung usulan program dari masyarakat, tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga aspek pemberdayaan dan pembinaan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tuha Peut Gampong Baharu, Iffran mengatakan, musrenbang merupakan agenda rutinitas setiap tahun untuk merancang pembangunan gampong di tahun 2022.

“Hari ini kita bermusyawarah bermufakat, untuk menentukan arah pembangunan gampong kita di tahun 2022,” kata Iffran.

Menurutnya, ada beberapa bidang yang juga menjadi prioritas utama, bukan hanya usulan sebatas pembangunan infrastruktur semata.

“Infrastruktur itu penting, tetapi usulan bidang lain juga penting seperti, bidang pemberdayaan dan bidang pembinaan masyarakat yang benar-benar bisa menjawab tantangan kebutuhan gampong Baharu masa akan datang,” jelasnya.

Musyawarah tersebut dihadiri oleh Kasie Pemerintahan, Afriadi SPd, MPd, staf Setcam Blangpidie Dwi Novalizar, Pendamping Desa yakni PDTI Affan Arafat ST, PLD Agus Rahman, Tuha Peut, Tokoh Masyarakat, Bidan Desa, Kader Posyandu, Posbindu, KPM dan Perangkat Desa Baharu, serta keterwakilan masyarakat dalam tiga dusun. (*)

Pos terkait