Mensos Risma Minta Pendamping PKH Bekerja Profesional

  • Whatsapp
Mensos Risma memberikan pengarahan kepada para pendamping PKH di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam video Youtube Linjamsos Ok yang dipublikasikan pada 13 Oktober 2021.

GLOBAL JAKARTA – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menekankan agar para pendamping PKH bekerja profesional, amanah dan bertanggungjawab sehingga penyaluran bansos dapat diberikan tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat (KPM).

Hal tersebut, disampaikan Mensos saat memberikan pengarahan kepada para pendamping program keluarga harapan (PKH) di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bacaan Lainnya

Menteri yang akrab disapa Risma ini mengatakan tugas menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi keluarga miskin bukanlah pekerjaan mudah, karena menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Pendamping harus punya pendirian, tidak bisa karena Kemensos yang bayar, artinya tidak boleh digoyang oleh siapa pun. Anda dibayar untuk mendampingi keluarga miskin,” kata Risma mengutip video kanal YouTube Linjamsos Oke, Jum’at (15/10/2021).

Pada kesempatan itu, dia menekankan kepada para pendamping PKH yang tidak memiliki data penerima bansos agar langsung meminta kepada Kemensos.

“Kalian semua adalah di bawah Kementerian Sosial, kalau kalian tidak punya data kalian minta ke kami. Jangan dimain-mainkan. Kalau tidak amanah ini resikonya berat, sebab itu tolong yang amanah karena semua akan dipertanggung jawabkan kepada Allah SWT,” ungkapnya.

Risma juga mengatakan bekerja sebagai pendamping sosial memiliki nilai ibadah karena membantu banyak orang yang membutuhkan.

Sebagai pendamping PKH akan diminta pertanggungjawabannya kepada Allah SWT, oleh karena itu lagi Risma menekankan agar pendamping benar-benar amanah dalam melaksanakan tugasnya.

“Jadi karena itu, saya nitip ayo mulai sekarang kita profesional, tidak boleh main-main. Kalau main-main saya tidak ada ampun,” tegasnya.

Risma juga mengatakan bahwa dirinya juga kelak diminta pertanggungjawaban kepada Allah SWT terkait penyaluran bansos tersebut.

Bahkan, dirinya juga mengungkapkan akan mengundurkan diri dari jabatannya, jika merasa sudah tak mampu lagi melaksanakan tanggung jawabnya sebagai Menteri Sosial.

Pernyataan tersebut juga telah disampaikan Risma kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya pun demikian, saya sudah sampaikan ke Pak Presiden kalau saya tidak mampu saya akan mundur,” kata dia menegaskan.

Karena itu, Risma meminta kepada para pendamping bansos untuk bekerja maksimal. Pihaknya juga bakal bekerja maksimal hingga permasalahan seputar bansos dapat terselesaikan.

“Sekarang saya minta, karena ini banyak sekali di sini yang belum cair, saya akan sewakan mobil, kalian cari pendamping semuanya yang belum terima uang, kita akan cairkan di sini. Tak tunggu sampai jam berapa pun,” pungkasnya. (*)

Pos terkait