Tokoh Muda Baharu Nyatakan Siap Maju dalam Pilchiksung 2022

  • Whatsapp

GLOBAL BLANGPIDIE – Nanda Saputra, menyatakan siap maju dalam kontes Pemilihan Keuchik secara langsung (Pilchiksung) yang akan digelar serentak tahun 2022 di kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) pada Maret mendatang.

“Insya Allah, jika masyarakat Gampong Baharu masih memberikan kesempatan, maka saya siap maju kembali sebagai calon Keuchik pada pemilihan keuchik definitif serentak tahun 2022 ini,” ungkap Nanda, Rabu (12/1/2022) di Blangpidie.

Bacaan Lainnya

Menurut Nanda, berbekal pengalaman hampir dua tahun sebagai Penjabat (Pj) Keuchik memimpin Gampong Baharu, Kecamatan Blangpidie merupakan peluang sehingga dapat dipilih oleh masyarakat menjadi Keuchik definitif selama enam tahun kedepan.

“Saya sudah dua kali menjadi Pj Keuchik, dengan pengalaman tersebut, saya sudah faham betul bagaimana memanej dan mengelola sebuah pemerintahan gampong yang baik dan efisien sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Di Gampong Baharu, Nanda merupakan salah seorang tokoh muda dimana di usia lajangnya pernah aktif di organisasi kemahasiswaan, yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Blangpidie.

Hasrat pria kelahiran tahun 1989 ini mengikuti kontes pemilihan Keuchik hanya semata-mata ingin membangun gampong Baharu agar lebih baik lagi kedepan.

“Niat utama saya maju dan ikut bertarung pada Pilchiksung ini adalah untuk mengabdikan diri di tanah kelahiran saya dan bagaimana kita bisa memajukan daerah, lalu kita akan merubah pola-pola pemerintah yang selama ini masih banyak yang harus kita benahi. Dan kita generasi muda bagaimana bisa melakukan yang terbaik untuk daerah,” paparnya.

Dia menyampaikan, selama menjabat sebagai Pj Keuchik, banyak keberhasilan yang ia torehkan di gampong, baik di bidang pembangunan, pemerintahan, pembinaan, dan juga bidang pemberdayaan masyarakat.

“Alhamdulillah, selama saya menjabat Pj Keuchik banyak pembangunan infrastruktur yang sudah dibangun, mulai dari rabat bahu jalan hingga membuka akses jalan bagi masyarakat, dan lain-lain,” katanya.

Nanda menuturkan, pada tahun 2021 saat ia menjabat kedua kalinya sebagai Pj Keuchik, Gampong Baharu mendapat dana tambahan berupa alokasi kinerja dari pemerintah pusat.

“Alokasi kinerja diberikan bagi gampong yang terbaik dalam pengelolaan keuangan desa, pengelolaan dana desa, capaian keluaran (output) dana desa dan capaian hasil (outcome) pembangunan gampong dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Dalam momentum Pilchiksung akan datang, Nanda berharap para bakal calon yang ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi rakyat tingkat gampong ini dapat bersaing secara sehat, jujur dan adil.

“Siapapun nanti terpilih oleh masyarakat, maka memiliki tugas membangun dan harus pandai berinovasi untuk kemajuan gampong,” pungkasnya. (*)

Pos terkait