Jakarta, Acehglobal – Ada yang unik jelang acara pelantikan anggota DPR RI terpilih di Gedung DPR RI hari ini, Selasa (1/10/2024).

Pasalnya, dari 580 anggota DPR yang dilantik, salah satu anggota DPR memakai kostum superhero yang disukai anak-anak yaitu Ultraman.

Seragam Ultraman itu dikenakan oleh Jamaluddin Malik anggota DPR RI terpilih pada Pileg 2024 lalu dari Partai Golkar.

Kostum Ultraman tersebut tampak lain dari anggota DPR lain yang memakai seragam dengan setelan jas dan baju daerah.

Jamaludin justru mengenakan kostum Ultraman ke gedung DPR menjelang dilantik sebagai anggota DPR Periode 2024-2029.

Jamaludin mengaku menggantikan pakaiannya dengan jas karena tidak boleh ikut pelantikan menggunakan kostum Ultraman.

“Jadi tadi pagi kita kan saya sendiri pakai kostum Ultraman. Tapi, karena tidak dibolehkan, saya mendelegasikan kepada salah satu timses saya untuk menggantikan saya,” kata Jamaludin di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (1/10/2024), dilansir detik.com.

Jamaludin memilih kostum Ultraman sejak masa kampanye. Alasan memakai kostum tersebut, kata Jamaludin, karena kostum Ultraman merupakan cara yang murah agar bisa dikenal publik ketika kampanye Pileg 2024.

“Karena itu saya mencari cara yang murah, supaya nama saya gampang viral dan gampang terkenal, maka dari itu semua baliho saya gambarnya adalah gambar Ultraman,” sebutnya.

Selain itu, tambah Jamaludin, Ultraman merupakan simbol pahlawan. Dia mengumpamakan Ultraman sudah tidak membasmi monster, tapi mengayomi masyarakat.

“Tapi kita rindu dengan sosok Ultraman yang sudah kehabisan monster. Jadi episodenya selesai. Jadi karena itu Ultraman-nya gabut, terus nyaleg. Supaya dia dari memberantas monster, menjadi mengayomi masyarakat. Jadi ke situ arahnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Jamaludin menjadi sorotan menjelang pelantikan karena memakai kostum Ultraman. Mata topeng Ultraman yang dipakainya pun menyala.

Jamaludin berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah II dari Partai Golkar.(*)