Banda Aceh, Acehglobal – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) Aceh melakukan kunjungan kerja ke Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh, di Banda Aceh, Kamis (25/7/2024). Pertemuan ini bertujuan untuk membahas potensi kerja sama multisektor dalam meningkatkan kualitas data statistik di Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas berbagai isu terkait pengembangan statistik, seperti pemanfaatan data untuk mendukung kebijakan publik, penelitian, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta pengembangan sistem informasi statistik yang terintegrasi.

Ketua DPW ADI Aceh, Prof Dr Syamsul Rijal M.Ag mengatakan, kerja sama dengan BPS Aceh sangat penting untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Aceh.

“Data statistik sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran dan penelitian. Kami berharap kerja sama ini dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di Aceh dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan daerah,” ujar Prof Syamsul Rijal.

Guru Besar Filsafat Islam pada Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini optimis bahwa kerja sama akan memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

Sementara itu, Kepala BPS Aceh Dr. Ahmadriswan Nasution mengapresiasi langkah proaktif DPW ADI Aceh dalam membangun kerja sama dan kolaborasi dengan BPS Aceh. Menurutnya, kolaborasi BPS dan ADI Aceh dapat membantu BPS dalam mensosialisasikan kegiatan survei/sensus ke masyarakat.