Gampong Padang Hilir Susoh Prioritaskan Jalan Usaha Tani

  • Whatsapp
Pelaksanaan Musrenbang Gampong Padang Hilir, Kecamatan Susoh, Abdya yang digelar di Aula Gedung Serbaguna gampong setempat, pada Minggu (12/9/2021) lalu. FOTO/IST.

GLOBAL BLANGPIDIE – Peningkatan dan pembukaan jalan usaha tani masih menjadi harapan masyarakat di Gampong Padang Hilir, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Hal itu diungkapkan oleh Zakaria, S.Pd, Pj Keuchik Gampong setempat, Minggu (19/9/2021).

Dikatakannya, persoalan di Gampong Padang Hilir masih cukup banyak. Namun, dari sekian banyak itu, pembukaan jalan usaha tani menurutnya menjadi usulan prioritas.

Bacaan Lainnya

“Pembukaan jalan usaha tani sangat diperlukan masyarakat, terutama bagi para petani sebagai sarana transportasi mereka dalam membawa hasil panen dari lahan pertanian,” ungkapnya.

Ia mengatakan, pada tanggal 12 September 2021 lalu pihaknya sudah melaksanakan Musrenbang Desa dalam rangka merancang program perencanaan pembangunan gampong setahun kedepan.

Dalam Musrenbang tersebut, papar Zakaria, selain pihaknya menampung usulan masyarakat untuk dana desa (DD), para peserta musyawarah juga sepakat pembukaan jalan usaha tani itu menjadi program unggulan yang akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Abdya dan Pemerintah Aceh.

“Pembukaan jalan baru tersebut sepanjang 1.000 meter berada dalam tiga dusun. Program ini kita usulkan melalui Musrenbang Kecamatan dan Kabupaten, sumber APBK atau APBA Provinsi,” ujarnya.

Dalam Musrenbang lalu juga, lanjut Zakaria, para peserta juga menyampaikan beberapa usulan lain yakni, peningkatan kegiatan keagamaan, adat istiadat dan program kegiatan lainnya.

Sementara, prioritas bidang pemberdayaan masyarakat adalah program pemberdayaan ekonomi produktif. Selanjutnya, pada bidang infrastruktur yang menjadi prioritas yakni, pembangunan sarana prasarana gedung yang meliputi gedung kantor Keuchik, gedung posyandu/posbindu dan gedung PAUD.

“Program ini juga akan kita usulkan ke APBK Abdya/APBA pemerintah Aceh, melalui Musrenbang Kecamatan dan Musrenbang Kabupaten,” katanya.

Melalui musrenbang, dirinya pun menginginkan instansi terkait bisa memenuhi usulan prioritas dari pihaknya tersebut di tahun 2022 mendatang

“Ya meski tidak bisa dipenuhi semua, setidaknya dipenuhi satu usulan prioritas yang kita ajukan,” demikian pinta Keuchik Zakaria.

Pada kegiatan Musrenbang Gampong yang dilaksanakan di Aula Gedung Serbaguna lalu, turut dihadiri oleh Anggota DPRK Abdya Anton Sumarno SE, Pendamping Desa Kecamatan Susoh (PD) Renita Syafmi, Pendamping Lokal Desa (PLD) Wita Suandari, Tuha Peut, Tuha Lapan, unsur dari Kepemudaan, PKK, Imam Mukim Kemukiman Rawa, dan seluruh perangkat/aparatur gampong setempat. (*)

Pos terkait