Blangpidie, Acehglobal – Komandan Kodim (Dandim) 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos mengajak semua pihak agar bersama-sama merawat kondusifitas wilayah dan mendukung pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2024 dengan damai di Kabupaten Aceh Barat Daya.

Ajakan itu disampaikan Letkol Beni saat membuka acara Coffee Morning Bersama Forkopimda, Pers, LSM dan komponen wilayah Abdya di Aula Makodim setempat, Kamis (8/8/2024).

Gelaran acara santai tersebut juga dihadiri kalangan politisi, mahasiswa dan tokoh masyarakat Abdya.

Dandim Abdya mengatakan, acara ngopi pagi bareng yang diinisiasi pihaknya ini sebagai wadah silaturahmi, sekaligus sebagai forum diskusi bersama dalam merumuskan strategi pilkada damai.

Menurut dia, tugas mewujudkan hajatan rakyat yang bersih dan damai tidak dapat dibebankan pada sektoral penyelenggara seperti KIP atau Panwaslih saja, melainkan adalah tugas bersama semua pihak.

Ia menyebut semua komponen mulai dari TNI Polri, Pemerintah Daerah, Parpol, wartawan, LSM, Mahasiswa dan masyarakat memiliki andil dalam menciptakan kondisi damai tersebut.

“Terkhusus rekan-rekan pers, kita berharap media bisa menjadi corong informasi yang akurat dan seimbang. Mengedukasi publik tentang proses dan output dari Pilkada,” ujarnya.

Menurut Dandim, selain mengabarkan tentang calon dan visi misi dari para kandidat, media juga berperan sebagai supervisor demokrasi Pilkada yang akuntabel. Ia berharap Pilkada damai di Abdya terwujud sebagaimana yang kita inginkan.

Pada diskusi santai tersebut, masing-masing sektoral saling menyampaikan pandangannya demi mewujudkan pilkada yang bersih dan damai di daerah berjuluk Breuh Sigupai itu.(*)