Banda Aceh, Acehglobal – Komisi Independen Pemilihan atau KIP Aceh memastikan bahwa debat kandidat gubernur dan wakil gubernur Aceh pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 akan dilaksanakan sebanyak tiga kali.

Debat tersebut akan diadakan dalam rentang waktu satu bulan sebelum memasuki masa tenang.

“Masa tenang akan dimulai pada 24 November, jadi debat kandidat akan dimulai satu bulan sebelumnya,” kata Wakil Ketua KIP Aceh, Agusni A.H, saat acara coffee morning bersama wartawan di Banda Aceh, Selasa (8/10/2024).

Menurut Agusni, saat ini KIP Aceh tengah membentuk tim perumus materi yang akan bertugas menyusun pertanyaan-pertanyaan untuk debat. Tim ini terdiri dari tiga unsur utama, yaitu akademisi, profesional, dan masyarakat.

Pertanyaan-pertanyaan yang disusun oleh tim perumus nantinya akan digunakan oleh panelis dalam debat kandidat. Namun, Agusni mengaku belum mengetahui secara pasti materi lengkap yang sedang disiapkan.

“Biasanya pertanyaannya mencakup pembangunan fisik dan nonfisik. Untuk nonfisik, topiknya meliputi kesejahteraan, keagamaan, pendidikan, kesehatan, adat istiadat, dan budaya,” jelas Agusni.

Agusni berharap debat kandidat ini dapat menjadi sarana bagi masyarakat Aceh untuk mengenal lebih jauh program-program yang diusung oleh pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Dengan begitu, masyarakat bisa membuat keputusan yang tepat saat hari pemilihan nanti,” pungkasnya.(*)