Simeulue, Acehglobal — Dua putra asal Kampung Aie Kecamatan Simeulue Tengah, Kabupaten Simeulue, Tomi Saputra dan Putra Rian Adha berhasil menorehkan prestasi gemilang pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut, Jum’at (13/9/2024).

Pasalnya, kedua putra Simeulue Aceh ini berhasil menyumbangkan medali emas untuk Aceh di perhelatan empat tahunan tersebut. Prestasi ini tentunya menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Simeulue.

Tomi Saputra (25) merupakan putra dari Alm. Muhammad dan Almh. Juni Ati. Ia menyabet medali emas dari Cabang Olahraga (Cabor) Khuras pada PON XXI 2024.

Sebelumnya tahun 2022, Tomi juga membawa harum nama Kabupaten Simeulue dengan meraih juara 3 Kejurnas Khuras U25 di Jakarta.

Tomi adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Ia bekerja sebagai TNI AD Dinas di Bataliyon Yonif Raider 112 Drama Yaya Mataie Aceh Besar dengan pangkat Pratu.

Sementara itu, Putra Rian Adha (26) berhasil mendulang emas dari Cabor Rugby. Rian merupakan putra dari Ridwan dan Sariana. Rian adalah anggota Polri dengan pangkat Briptu, kini ia berdinas di Polres Simeulue.

Beni Saputra, saudara dari Tomi Saputra mewakili masyarakat Kampung Aie menyampaikan rasa haru dan bangga terhadap kedua putra terbaik dari Kampung Aie mewakili yang Aceh di PON XXI Aceh-Sumut.

“Alhamdulillah, kami ikut merasa bangga atas prestasi adinda Tomi dan adinda Putra Rian. Mudah-mudahan dengan prestasi ini bisa menjadi motivasi bagi atlet-atlet muda Simeulue untuk berkiprah di ajang olahraga bergengsi selanjutnya,” ujar Beni melalui Acehglobal, Sabtu (14/9/2024). (*)