Lhokseumawe, Acehglobal — Dua ulama ternama di Aceh, Aba Helmi dan Abi Zahrul hadir dalam acara silaturahmi dengan pasangan calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Lhokseumawe, H. Fathani dan H. Zarkasyi, atau yang populer dengan nama FAZAR.

Pertemuan yang digelar di The Breeze Coffee, Lhokseumawe itu, dihadiri lebih dari seratus santri dari berbagai kecamatan di Kota Lhokseumawe pada Kamis (19/09/2024).

Kesempatan tersebut, Aba Helmi mengatakan bahwa Kota Lhokseumawe butuh pemimpin yang islami dan berintegritas dalam memajukan daerah. Ia juga menyampaikan pesan-pesan penting kepada santri.

“Kita jangan pernah melupakan sejarah. Banyak referensi yang menunjukkan betapa pentingnya peran pemimpin dalam memajukan sebuah daerah. Kehadiran para ulama dan santri di sini menunjukkan bahwa mereka memiliki peran penting dalam pemerintahan itu sendiri,” ujar Aba Helmi, yang akrab disapa Aba Nisam.

Aba Helmi juga menekankan bahwa kehadirannya bersama Abi Zahrul dalam acara ini adalah bentuk dukungan kuat terhadap pasangan FAZAR.

“Kami hadir di sini karena kami percaya bahwa pasangan FAZAR benar-benar berkomitmen dan akan menjadikan santri serta dayah sebagai mitra dalam membangun Kota Lhokseumawe,” tegasnya.

Dalam tausiyahnya, Abi Zahrul yang merupakan Wadir I Dayah MUDI Mesjid Raya Samalanga dan putra dari Abu Mudi Mesra, menguatkan pesan Aba Helmi dengan menegaskan pentingnya peran santri dalam sejarah kemerdekaan Indonesia.

“Indonesia merdeka karena peran santri, dan persatuan serta kesatuan merupakan konsep utama dalam membangun sebuah negeri. Kami yakin pasangan FAZAR akan berkolaborasi dengan para ulama dayah untuk mewujudkan Lhokseumawe sebagai Baldatun Tayyibatun Warabbun Ghafur,” tutur Abi Zahrul.

H. Fathani, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih yang tulus kepada para pimpinan dayah dan santri yang telah hadir. Ia juga memberikan penghormatan khusus kepada Abi Zahrul dan Aba Helmi.

“Insya Allah, dengan kehadiran guru-guru kami hari ini, akan menambah semangat kami dalam menyongsong Pilkada yang semakin dekat,” ucap H. Fathani.

Sementara itu, H. Zarkasyi, calon Wakil Wali Kota Lhokseumawe, menutup acara dengan doa dan harapan. “Semoga apa yang kita cita-citakan hari ini dikabulkan oleh Allah SWT,” tutupnya dengan penuh harap.

Pertemuan ini tidak hanya mempertegas dukungan komunitas santri kepada pasangan FAZAR, tetapi juga meneguhkan keyakinan akan pentingnya kepemimpinan yang berintegritas dan berkomitmen untuk memajukan pendidikan di Kota Lhokseumawe. (*)