Blangpidie, Acehglobal — Sebanyak enam partai politik (parpol) di Aceh Barat Daya resmi mendeklarasikan pasangan calon Bupati Abdya Dr Safaruddin dan calon Wakil Bupati Zaman Akli untuk maju pada Pilkada 2024.

Kegiatan deklarasi yang mengusung slogan “Arah Baru Abdya Maju” itu berlangsung di stadion Persada, Gampong Keudai Siblah, Kecamatan Blangpidie, dan dihadiri puluhan ribu masyarakat Abdya, Kamis (29/8/2024) sore.

Ketua DPC PKB Abdya, Zulkarnaini selaku Ketua Tim Pemenangan Safaruddin-Zaman Akli dalam orasinya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan partai pengusung, serta masyarakat yang hadir ikut mendeklarasikan Safaruddin-Zaman Akli sebagai Cabup-Cawabup di Pilkada Abdya 2024.

Ada hal menarik, kata Zulkarnaini bahwa informasi yang ia terima kehadiran puluhan ribu massa ke lapangan Persada hari ini tidak di iming-imingi dengan sesuatu dan bahkan tidak diberikan uang sepeser pun.

“Ini adalah bukti jika bapak ibu ikhlas datang ke lapangan ini dalam rangka menghadiri deklarasi Safaruddin-Zaman Akli sebagai calon bupati dan wakil bupati Abdya,” ungkapnya.

Mewakili partai pengusung dan pendukung, Zulkarnaini yang dikenal ‘Zul Ukhra’ itu menyebut Safaruddin-Zaman Akli diusung dan didukung oleh enam parpol dengan jumlah total 9 kursi, diantaranya Gerindra 4 kursi, PKB 3 kursi, PDA dan Partai Gelora masing-masing 1 kursi.

“Safar ialah sosok cerdik, karena telah satu bulan lalu memperoleh SK dukungan dari Gerindra. Jadi sebenarnya diusung oleh Gerindra saja sudah bisa mencalonkan diri sebagai calon bupati,” imbuhnya.

Zul Ukhra juga mengungkapkan, PKB memilki histori kenapa memilih dan mendukung Safaruddin-Zaman Akli di Pilkada Abdya. Karena Safar adalah sosok pemimpin yang bisa memberikan pelajaran politik bagi generasi muda.

Selain itu, lanjut Zul, Safar juga sudah teruji di kancah politik di tingkat Provinsi Aceh dan terbukti atas kontribusi nyatanya dalam membangun Abdya sejak ia duduk di kursi DPRA.

Sementara, Zaman Akli merupakan sosok kader Partai Aceh (PA) yang sebelumnya juga berpengalaman dalam dunia politik. Akli sudah dua kali terpilih sebagai anggota DPRK Abdya. Selain itu, ia juga pernah menjabat Ketua DPRK Abdya sisa masa jabatan 2014-2019.

Mewakili partai pengusung dan pendukung, Ketua PKB Abdya Zulkarnaini didampingi oleh Ketua Partai Gerindra Abdya, Roni Guswandi, Ketua PDA Abdya Rizal Husaini, Ketua Partai Gelora Abdya Salwi Saleh, Ketua PDIP Abdya Luthfi M, serta Ketua Partai Garuda Abdya Zulkifli.

“Saya mengajak seluruh masyarakat mari kita bersama membawa perubahan untuk arah baru Abdya maju dengan menjadikan Safaruddin-Zaman Akli sebagai bupati dan wakil bupati Abdya,” ujarnya.

Zulkarnaini juga mengatakan, bahwa sudah tiga kali pilkada berlangsung di Abdya, dan ini adalah pilkada keempat, baru kali ini menyaksikan animo masyarakat yang hadir ke lapangan Persada mengikuti deklarasi Cabup-Cawabup Abdya mencapai dua puluh ribu orang.

Setelah menggelar deklarasi, pasangan Safaruddin-Zaman Akli ini selanjutnya mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Abdya sebagai peserta Pilbup Abdya 2024.(*)