Blangpidie, Acehglobal — Pemerintah Gampong Babahlung, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menyelenggarakan berbagai ragam lomba rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 tahun.

Adapun beragam lomba yang dilaksanakan oleh pemerintah gampong diantaranya lomba menangkap bebek, tarik tambang, balap karung pakai helm putra, tampung air dalam botol putri dan berbagai ragam acara lainnya.

Sedangkan peserta yang ikut lomba terdiri mulai dari tingkat pemuda, tingkat SMP (Putra dan Putri), tingkat Sekolah Dasar (Kelas 1 sampai kelas 6 putra putri) dan tingkat TK/Paud.

Keuchik gampong Babahlung, Zikri mengatakan, beragam acara yang diselenggarakan bagian dari memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia dengan tujuan agar anak bangsa tidak pernah lupa akan perjuangan para pahlawan Indonesia.

“Kegiatan lomba hari kemerdekaan yang kita selenggarakan tidak hanya memeriahkan hari kemerdekaan, namun juga bagian dari mempererat tali silaturahmi sesama warga kita, sehingga keakraban sesama warga semakin terajut tanpa terpecah belah,” kata Zikri.

Lebih lanjut, sebut Zikri, acara lomba memperingati HUT ke-79 RI telah dilaksanakan selama beberapa hari yang lalu. Hal itu dilakukan oleh pemerintah gampong karena mengingat item lomba yang diselenggarakan tidak hanya satu, namun beragam lomba sehingga membutuhkan waktu yang tidak hanya sehari saja.

“Setiap lomba yang diikuti oleh peserta langsung mendapat hadiah yang diberikan oleh pemerintah gampong, dan kami selaku aparatur desa sangat mengapresiasi atas pertisipasi warga yang begitu antusias mengikuti lomba sehingga ini menandakan betapa cintanya rakyat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang kita cintai ini,” jelasnya.