Blangpidie, Acehglobal — Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar Khanduri Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H, yang dipusatkan di Masjid Baitussalam Gampong tersebut, Minggu (13/10/2024).

ADVERTISEMENT

Kenduri Maulid yang berlangsung meriah tersebut juga dirangkai dengan penampilan grup zikir dari Gampong tetangga yang diundang, seperti gampong Guhang dan gampong Cot Jeurat kecamatan Blangpidie serta warga dusun Lampoh Ranup, gampong Jeumpa Barat, kecamatan Jeumpa, Abdya.

Keuchik Gampong Lhung Asan, Maidi, menyatakan rasa syukurnya atas terlaksananya kegiatan Maulid Nabi yang berlangsung khidmat dan meriah.

Menurutnya, acara ini tidak hanya menjadi ajang memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW, tetapi juga menjadi sarana mempererat silaturahmi antar masyarakat.

ADVERTISEMENT

“Khanduri Maulid ini sudah menjadi tradisi yang terus kami laksanakan setiap tahun. Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini, kita dapat mempererat ukhuwah dan kebersamaan, serta terus mengingatkan kita akan akhlak mulia yang diajarkan oleh Rasulullah SAW,” ujarnya.

Maidi juga berharap agar kebersamaan yang terjalin selama kegiatan maulid ini dapat terus dipertahankan kedepannya, sehingga nilai-nilai keagamaan dan tradisi budaya Aceh bisa diwariskan kepada generasi berikutnya.

“Semoga tradisi ini akan terus hidup dan menjadi simbol solidaritas serta kebersamaan bagi warga Gampong Lhung Asan dan sekitarnya,” harapnya.

Pada malam hari juga akan digelar Tabligh Akbar sebagai acara puncak peringatan Maulid dengan penceramah berasal dari kabupaten Batu Bara provinsi Sumatera Utara (Sumut), Tgk Masyhur Wahroni.

ADVERTISEMENT

“Kegiatan ceramah dilaksanakan di Masjid Baitussalam ba’da Isya dan terbuka untuk masyarakat umum,” pungkas alumni fakultas Syari’ah dan hukum UIN Ar-Raniry itu.(*)