Blangpidie, Acehglobal — Masyarakat Gampong Padang Kawa, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar pemilihan langsung untuk memilih anggota Tuha Peut.

Proses pemilihan ini berlangsung secara demokratis di halaman kantor Keuchik Padang Kawa pada Senin (2/9/2024).

Dalam sambutannya, Camat Tangan-Tangan, Jasmadi, S.Pd., menyatakan bahwa pelaksanaan pemilihan anggota Tuha Peut di Gampong Padang Kawa sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Jasmadi juga mengapresiasi proses tersebut sebagai contoh yang patut ditiru oleh desa-desa lain di Kecamatan Tangan-Tangan.

“Gampong Padang Kawa telah menjadi proyek percontohan dalam pengisian kekosongan anggota Tuha Peut,” ujarnya.

Kedepannya, tambah Jasmadi, untuk mengisi kekosongan keanggotaan Tuha Peut, pihaknya akan mengintruksikan seluruh desa dalam Kecamatan Tangan-Tangan agar melaksanakan pemilihan secara langsung dan demokratis.

“Kami akan menginstruksikan seluruh desa di Kecamatan Tangan-Tangan untuk melaksanakan pemilihan Tuha Peut secara demokratis, transparan, dan efektif, sebagaimana yang dilakukan Pemerintah Gampong Padang Kawa ini,” ungkap Jasmadi.

Sementara itu, Keuchik Padang Kawa, Tarmizi, menambahkan bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan anggota Tuha Peut ini merupakan hasil kerja keras antara panitia pemilihan dan unsur pemerintah desa.

“Pemilihan anggota Tuha Peut ini terlaksana berkat kerja keras Panitia Penjaringan Pemilihan Tuha Peut yang telah bekerja maksimal menyelesaikan setiap tahapan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Biaya kegiatan ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong Padang Kawa Tahun 2024, yang berasal dari Dana Desa,” jelas Tarmizi.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pemilihan Tuha Peut, Lasrunanda, melaporkan bahwa pemilihan ini didasarkan pada Peraturan Panitia Pemilihan Tuha Peut Nomor 2 Tahun 2024. Sebanyak 12 calon mendaftarkan diri untuk mengikuti pemilihan ini.

“Sebanyak 12 warga mendaftarkan diri sebagai calon, terdiri dari 5 laki-laki dan 2 perempuan dari Dusun Sejahtera, 2 laki-laki dan 1 perempuan dari Dusun Permata, serta 2 laki-laki dari Dusun Bahagia,” rincinya.

“Dari total 12 calon, nantinya akan terpilih 4 laki-laki dan 1 perempuan untuk mengisi 5 kursi Tuha Peut,” pungkas Lasrunanda. (*)