Banda Aceh, Acehglobal – Sebuah survei terbaru yang dilakukan oleh Pusat Kajian Analisis Masyarakat (PKAM) Aceh menunjukkan bahwa 70% warga Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mendukung Safaruddin pada pemilihan mendatang, sementara 30% sisanya lebih memilih calon lain yakni Salman-Yusran dan Jufri-Fakhruddin, Senin (21/10/2024).

Survei ini dilaksanakan pada 7 – 15 Oktober 2024, dipimpin Kordinator PKAM Aceh Saryulis MA, melibatkan 500 responden dari sembilan kecamatan di Abdya dengan tingkat margin of error sebesar 4%.

Hasil simulasi pada survei ini menunjukkan bahwa rata-rata setiap 10 orang masyarakat Abdya dari total 500 responden yang disodorkan pertanyaan berdasarkan kuisioner, 7 orang diantaranya lebih memilih Safaruddin sebagai Bupati di daerah itu.

Metode survei ini dilakukan dengan cara wawancara langsung (tatap muka) dan kuesioner yang dibagikan kepada masyarakat. Responden terdiri dari berbagai latar belakang usia, dengan dominasi kaum milenial yang berusia antara 18 hingga 35 tahun.

Dalam survei tersebut juga menunjukkan ketertarikan generasi muda terhadap calon pemimpin yang progresif dan memiliki visi yang jelas untuk masa depan Abdya.

Salah satu poin penting yang terungkap dari survei ini adalah tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Safaruddin sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) periode 2019-2024.

Sebanyak 75% responden menyatakan puas dengan kinerja Safaruddin, terutama dalam hal pengembangan program-program yang mendukung kesejahteraan masyarakat, olahraga, UMKM, dan peningkatan infrastruktur di daerah.

Safaruddin, yang juga dikenal aktif dalam kegiatan sosial dan olah raga ini, mendapatkan banyak dukungan dari kelompok-kelompok pemuda dan organisasi masyarakat.

“Dengan hasil survei ini, jelas terlihat bahwa Safaruddin memiliki dukungan yang kuat dari masyarakat Abdya, terutama kalangan milenial. Hal ini menunjukkan harapan besar masyarakat terhadap kepemimpinan yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat,” ungkap Saryulis MA.(*)