Banda Aceh, AcehglobalJawa Timur berhasil keluar sebagai juara cabang olahraga sepak bola pada Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Pada laga final yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh Rabu (18/9/2024) malam, Jawa Barat takluk dari Jawa Timur dengan skor tipis 0-1.

Atas kemenangan ini, Tim asuhan Fakhri Husaini itu menambah koleksi medali emas PON 2024 bagi Jawa Timur.

Gol tunggal kemenangan Jawa Timur dicetak oleh Rano Jutati Karenano pada menit ke-72 lewat eksekusi penalti.

Penalti diberikan wasit setelah kiper Jawa Barat dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap pemain Jawa Timur di dalam kotak terlarang.

Pertandingan berlangsung sengit sejak awal, dengan kedua tim saling melancarkan serangan.

Jawa Barat dan Jawa Timur menunjukkan permainan yang sama-sama ngotot, namun agresivitas serangan skuad Jawa Timur lebih dominan sepanjang pertandingan.

Berkali-kali, serangan balik cepat dari anak-anak Jawa Timur berhasil membuat pertahanan Jawa Barat kerepotan.

Krisis mulai melanda kubu Jawa Barat ketika Abdan Hanif harus keluar dari lapangan pada menit ke-64 setelah menerima kartu merah kedua dari wasit Yance.

Bermain dengan 10 pemain membuat tim Jawa Barat semakin kesulitan menghadapi serangan bertubi-tubi dari Jawa Timur. Hal ini membuat Muhammad Yoga dan kawan-kawan semakin leluasa dalam mengendalikan jalannya pertandingan.

Meski unggul jumlah pemain, Jawa Timur sempat kehilangan salah satu pemain kuncinya. Pada menit ke-90+4, Wifi Pratama juga diusir wasit karena pelanggaran keras, namun hal tersebut tidak mengubah hasil akhir.

Kemenangan ini memastikan Jawa Timur meraih medali emas di cabang sepak bola PON XXI 2024. Capaian tersebut mengakhiri penantian panjang Jawa Timur selama 16 tahun, setelah terakhir kali meraih emas pada PON 2008 di Kalimantan Timur.

Sementara itu, Jawa Barat harus puas dengan medali perak. Di tempat ketiga, tuan rumah Aceh berhasil meraih medali perunggu setelah mengalahkan Kalimantan Selatan dengan skor 2-1.

Hasil ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jawa Timur, yang akhirnya mengakhiri paceklik medali emas di ajang sepak bola PON. (*)