Blangpidie, Acehglobal – Sebanyak 17 orang Jemaah Calon Haji (JCH) dari Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), dilepas oleh para tokoh masyarakat setempat pada Sabtu (1/6/2024).

Prosesi pelepasan dimulai dengan tradisi Aceh yaitu, Peusijuek yang dilaksanakan di Masjid Baitul Quddus Kampung Pinang, Kecamatan Susoh.

Peusijuek merupakan tradisi adat masyarakat Aceh yang dilakukan dengan cara memercikkan air yang telah dicampuri tepung tawar sebagai bentuk penghormatan, rasa syukur, keselamatan, dan pengharapan baik.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada berbagai momen penting dalam kehidupan masyarakat Aceh, seperti pernikahan, khitanan, berangkat haji, dan lain sebagainya.

Ketua Ikatan Pengurus Haji dan Umrah (IPHU) Kecamatan Susoh, H. Najib Abdul Aziz S.Ag, dalam laporannya menyebutkan jumlah calon jemaah haji tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, tahun ini terdapat 17 orang calon jemaah haji dari Kecamatan Susoh yang akan berangkat ke tanah suci. Jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Najib.

Najib berharap jumlah calon haji akan terus bertambah di tahun mendatang, mengingat banyaknya daftar tunggu yang menanti panggilan untuk berangkat ke tanah suci Makkah.