Banda Aceh, Acehglobal — Sebanyak 387 jemaah haji Aceh dari kelompok terbang BTJ-12 telah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah dan ziarah ke Raudhah serta beberapa tempat suci lainnya di Kota Madinah.

Kloter 12 diisi jemaah asal Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Kota Subulussalam, Aceh Singkil, Banda Aceh, Simeulue, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Besar, Aceh Selatan, Pidie Jaya, Kota Langsa, dan Kota Lhokseumawe.

Informasi ini disampaikan oleh Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh, Azhari, di Asrama Haji Aceh pada Minggu (14/7/2024).

Meskipun demikian, kata Azhari, masih ada beberapa jemaah haji Aceh yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi di Makkah.

“Hingga kemarin, terdapat 2 jemaah yang masih dalam perawatan di rumah sakit tersebut,” ungkap Azhari.

Azhari juga menambahkan bahwa ada 3.132 jemaah haji Aceh yang saat ini berada di Madinah dan sedang bersiap untuk kembali ke tanah air. Hingga Sabtu, 13 Juli 2024, sebanyak 1.562 jemaah haji Aceh sudah tiba di Tanah Air, terbagi dalam empat kloter yang berbeda.

Dalam upaya memastikan kepulangan mereka berjalan lancar, Azhari menekankan pentingnya disiplin dan ketertiban bagi seluruh petugas kloter.