Jakarta, Acehglobal – Tim nasional Indonesia berhasil mengamankan tiket ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Filipina dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Selasa (11/6/2024) malam.

Dalam pertandingan yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB tersebut, skuad Garuda menunjukkan performa impresif.

Gol pertama dicetak oleh Thom Haye melalui tembakan jarak jauh yang spektakuler pada menit ke-32, membawa Indonesia unggul di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia menggandakan keunggulan lewat sundulan R. Ridho pada menit ke-56 setelah menerima umpan matang dari N. Tjoe-A-On.

Tambahan tiga poin ini membuat Indonesia mengumpulkan total 10 poin dari enam pertandingan di Grup F, dengan catatan empat kali menang, satu kali seri, dan dua kali kalah.

Hasil ini memastikan Indonesia finish sebagai runner-up Grup F di bawah Irak yang memimpin dengan perolehan poin sempurna.

Posisi Indonesia tidak dapat terkejar oleh Vietnam yang baru meraih enam poin dari lima pertandingan, terlepas dari hasil laga mereka melawan Irak yang akan digelar pada Rabu (12/6) dini hari.

Kemenangan ini tidak hanya mengantarkan Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tetapi juga memastikan tempat di Piala Asia 2027 yang akan berlangsung di Arab Saudi.