Blangpidie, Acehglobal — Masyarakat Gampong Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) begitu antusias mengikuti beragam lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Bahkan, karena begitu antusiasnya warga ingin menyaksikan beragam lomba yang diselenggarakan oleh Pemerintah gampong setempat membuat lapangan sepakbola kaki hampir dipenuhi oleh warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara, lomba yang dipertandingkan diantaranya, lomba tangkap bebek, lari karung, lari karung pakek helm, balap kereta sorong, oper tepung, balap pimpong, kain sarung estafet, keranjang krutu, lari kain sarung dan tarik tambang.

Sedangkan peserta yang mengikuti lomba terdiri dari tingkat pemuda, tingkat SMP (Putra dan Putri), tingkat Sekolah Dasar (Kelas 1 sampai kelas 6 putra putri) dan tingkat TK/Paud.

Keuchik Gampong Mata Ie, Junaidi mengatakan, beragam lomba yang dilaksanakan bertujuan untuk menghibur masyarakat dalam rangka menyemarakkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Acara lomba tujuh belasan ini mungkin agenda tahunan yang kita laksanakan, meskipun demikian masyarakat begitu antusias mengikuti beragam lomba, dan semua ini tentu bentuk kebahagiaan warga dalam menyemarakkan HUT kemerdekaan,” ungkap Junaidi.

Junaidi berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi serta memotivasi agar masyarakat gampong Mata Ie semakin mencintai tanah air dan bangga serta selalu mengingat para pahlawan yang sudah bersusah payah dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

“Mari kita jadikan hari kemerdekaan menjadi penyemangat kita dalam memperjuangkan suatu keinginan yang harus kita capai bersama sebagaimana para pejuang terdahulu meraih dan memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Dan semoga perayaan HUT RI kali ini dapat membawa kebahagiaan dan semangat kebangsaan bagi kita semua,” pungkasnya.(*)