Blangpidie, Acehglobal — Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) yang ke-79, Pemerintah Gampong Ujong Tanoh, Kecamatan Setia, Aceh Barat Daya, menggelar aneka kegiatan perlombaan di gampong setempat.

Kegiatan yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” itu tampak semarak dengan sejumlah lomba yang dipertandingkan.

Keuchik Gampong Ujong Tanoh, M. Nur mengatakan pada peringatan HUT RI tahun ini pihaknya mengadakan lomba pancing botol, lari karung, main kasti bagi perempuan dan tarik tambang.

“Perlombaan ini diikuti oleh masyarakat antar dusun. Alhamdulillah, masyarakat sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut,” ujarnya, Kamis (15/8/2024).

Ditambahkan M. Nur, perlombaan yang dibuat ini semata-mata bukan untuk menentukan siapa yang kalah dan menang. Akan tetapi, katanya, untuk memeriahkan HUT RI ke-79 dan yang utama merajut silaturahmi serta kekompakan antar sesama masyarakat.

“Semoga semangat kekompakan tidak hanya sampai disini saja, akan tetapi terus berlanjut sebagai semangat persaudaraan antar warga yang terus terjaga,” tutur M. Nur.

Sementara itu, M Tamrin, warga Ujong Tanoh, yang menjadi salah satu peserta pada perlombaan tarik tambang mengaku kegiatan tahunan yang digelar Pemerintah Gampong Ujong Tanoh ini mampu menjaga hubungan kekeluargaan antar warga setempat.

“Selaku masyarat kami merasa sangat senang dengan kegiatan ini, jelas sekali kita melihat banyak tawa dan senyum yang menggambarkan kebahagiaan bagi warga kami,” ungkapnya.

Tamrin berharap, tahun depan, kegiatan serupa bisa diselenggarakan lagi dengan lebih meriah lagi, “InsyaAllah, kita harapkan kegiatan semacam ini terus merawat kebersamaan dan persaudaraan kita,” pungkasnya. (*)