Banda Aceh, Acehglobal — Kecelakaan lalu lintas terjadi di lintasan Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya pada Rabu (31/7/2024). Insiden ini mengakibatkan satu penumpang meninggal dunia dan beberapa lainnya luka-luka.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy, mengatakan kecelakaan tersebut dialami Toyota Kijang Innova dengan Nopol BL 1997 JJ, terjun ke jurang Gunung Geurutee, Aceh Jaya. Diduga sopir mengantuk.

“Selain satu korban meninggal dunia, empat penumpang mengalami luka berat, satu penumpang luka ringan, dan tiga penumpang lainnya tidak mengalami luka. Kecelakaan ini diduga terjadi akibat sopir mengantuk,” ujar Muhammad Iqbal di Banda Aceh, Rabu.

Penumpang yang meninggal dunia adalah Nurlina (33), seorang ibu rumah tangga. Sementara korban luka berat di antaranya adalah Murniati (76), M Yusuf (40), Marwan (52), dan Azam Nurwahid yang berusia sembilan tahun.

Sementara, korban luka ringan adalah Ratu yang berusia satu tahun, sedangkan penumpang yang tidak mengalami luka adalah M Taufik (36), sopir minibus, Zulkadar (25), dan Riky yang berusia 11 tahun.

Muhammad Iqbal menjelaskan, kronologi kejadian tersebut bermula saat minibus Toyota Kijang Innova dengan nomor polisi BL 1997 JJ melaju dari arah Banda Aceh menuju Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

“Setiba di lokasi kejadian di Jalan Banda Aceh-Meulaboh, KM 61, Desa Babah Ie, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, sopir minibus mengantuk sehingga kendaraan oleng ke kanan jalan dan terjun ke jurang dengan kedalaman mencapai 30 meter,” jelas Muhammad Iqbal.

Para korban kecelakaan sempat mendapatkan perawatan di Puskesmas Lhoong, Kabupaten Aceh Besar, sebelum dievakuasi ke rumah sakit di Banda Aceh.

“Minibus mengalami kerusakan parah. Personel Satuan Lalu Lintas Polres Aceh Jaya telah melakukan olah tempat kejadian perkara guna proses hukum lebih lanjut,” tutup Muhammad Iqbal. (*)