Blangpidie, Acehglobal — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat Daya (Disdikbud Abdya) menyebut bahwa pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) Babul Istiqamah masuk dalam prioritas tahun 2025.

“Insya Allah, untuk tahun 2025 kita akan wujudkan pembangunan RKB dan Ruang Laboratorium untuk sekolah SMP Babul Istiqamah Abdya. Dan sudah dalam proses pengajuan,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Abdya, Gusvizarni melalui Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas setempat, Said Alwi, Selasa (23/7/2024).

Said menjelaskan, sebelumnya penyebab tertundanya pembangunan RKB SMP Babul Istiqamah, dikarenakan sekolah tersebut pada tahun 2024 masih belum memenuhi syarat pengajuan ruang kelas baru. Sementara ruang kelas lama masih mampu menampung siswa belajar.

“Bila dilihat secara regulasi untuk pembangunan ruang kelas baru paling sedikit harus ada 30 orang siswa. Sementara di SMP Babul Istiqamah siswa kelas II hanya 36 orang dan sudah memiliki ruang kelas belajar. Mungkin ini yang membuat usulan pembangunan RKB baru tertunda, karena jika dibagi dua kelas bagi 36 siswa akan menyalahi aturan,” terangnya.

Said Alwi membenarkan, jika pihak sekolah Babul Istiqamah telah mengajukan permohonan untuk pembangunan RKB dan Ruang Laboratorium di sekolah tersebut pada tahun 2023 lalu.

“Di tahun 2024 ini masih belum memenuhi syarat untuk dibangun kelas baru di sekolah Babul Istiqamah,” imbuhnya.

Menurut Said Alwi, pihaknya tidak akan membiarkan kondisi ini terus berlanjut, apalagi setiap tahun jumlah siswa terus bertambah. Dan setiap tahun Disdikbud Abdya juga selalu berupaya untuk mewujudkan pendidikan layak untuk sekolah-sekolah di seluruh Abdya, bukan hanya di SMP Babul Istiqamah saja.