Banda Aceh, AcehglobalPemerintah Aceh telah menyiapkan bonus signifikan bagi atlet yang berhasil meraih medali emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Bonus minimum yang dipersiapkan sebesar Rp300 juta. Nilai ini akan bertambah apabila Aceh berhasil menembus peringkat 10 besar, atau bahkan melampaui prestasi PON Papua yang berada di peringkat 12.

Pernyataan ini disampaikan Pj Gubernur Aceh Safrizal ZA usai membuka pertandingan Muaythai PON Aceh-Sumut 2024.

“Bonus untuk peraih medali emas telah kami siapkan, minimal Rp300 juta,” ujarnya dalam keterangan pers di Banda Aceh, Kamis (5/9/2024).

Safrizal menambahkan bahwa bonus tersebut akan meningkat jika kontingen Aceh memenuhi target peringkat 10 besar.

“Jika Aceh berhasil mencapai 10 besar atau lebih baik dari PON Papua, kami akan menambahkan bonus dari yang telah disediakan. Untuk medali emas, minimal Rp300 juta. Jika jumlahnya lebih banyak, kami akan mengajukan bonus lebih tinggi,” jelasnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa informasi lebih rinci mengenai cabang olahraga yang berpotensi meraih medali emas untuk mencapai 10 besar akan diumumkan oleh Ketua KONI Aceh.

“Cabang olahraga yang diharapkan meraih medali untuk mencapai 10 besar akan dikonfirmasi lebih lanjut dengan Ketua KONI Aceh,” tambah Safrizal.

Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh sebelumnya menyebutkan bahwa Aceh memiliki 40 cabang olahraga prioritas dari total 67 cabang yang dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut, termasuk sepak bola. Untuk meraih posisi 10 besar, Aceh harus mengumpulkan setidaknya 62 medali emas atau lebih.(*)