Blangpidie, Acehglobal — Civitas Akademika Sekolah Tinggi Keguguran dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), memperingati hari Milad STKIP ke XV, di Aula Kampus setempat.

Dalam pelaksanaan Milad STKIP Muhammadiyah Abdya itu, juga di gelar kajian Baitul Arqam dan Tekdik, dengan mengusung tema “Harmoni dalam memajukan SDM Aceh Barat Daya”, Senin (3/6/2024).

Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdhal Jihad, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya menjelaskan. STKIP Abdya diresmikan oleh Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, oleh bapak Drs. H. M. Goodwil Zubir, pada tanggal 27 Sya’ban 1430 H, atau bertepatan dengan tanggal 18 Agustus 2009 silam.

Peresmian tersebut, lanjutnya, dilaksanakan seiring telah dikeluarkannya Izin Operasional STKIP Muhammadiyah Abdya dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional pada tanggal 02 Juni 2009.

Afdal menambahkan, berdasarkan izin operasional, maka STKIP Muhammadiyah Abdya telah membuka dua program studi diantaranya, program studi pendidikan Matematika dan Bahasa Inggris.

Dengan kehadiran STKIP, sebut Afdal, diharapkan dapat berperan aktif dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam melahirkan tenaga pendidik yang mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang profesional dalam bidang keguruan dan ilmu pendidikan ke depan.

“Terutama di dalam mempersiapkan guru dalam bidang studi Matematika dan Bahasa Inggris yang handal di bidangnya, mempunyai kompetensi yang tinggi dalam menjawab segala tantangan yang ada terutama tantangan era globalisasi yang kian kompetitif ini,”

Afdal menambahkan, STKIP Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi yang berkedudukan di Abdya, memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan SDM sesuai kebutuhan pembangunan, baik di wilayah Abdya, Aceh maupun kawasan nusantara, dengan mengingat kedudukannya sebagai bagian dari masyarakat ilmiah yang bersifat universal.

Kemudian, sambungnya, STKIP juga mengemban misi Muhammadiyah dan Pemerintah untuk mewujudkan center of excellence (pusat keunggulan) di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat serta sebagai driving force (kekuatan penggerak).

“Gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah melintasi zaman untuk terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dan memberi inspirasi serta kontribusi dalam mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan bangsa,”.

“Hari ini, STKIP Muhammadiyah Abdya telah berusia 15 tahun. Rasa syukur hanya kepada Allah, karena atas anugerah-nya STKIP terus dijaga ruh gerakannya dalam menjalankan misi utama dakwah dalam mencerdaskan generasi muda,” sebut Afdal.

Dalam perjalanannya kata Afdal, STKIP juga mempunyai tujuan menciptakan generasi yang unggul, Profesional, Aplikatif dan islami. sehingga kita berharap, STKIP mampu mencetak generasi yang siap pakai dan menjadi agent of change dalam menjalankan kehidupan ini.