Blangpidie, Acehglobal — Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Sunawardi, mengajak semua keuchik, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat setempat untuk menyukseskan pilkada serentak 2024 ini dengan damai.

Hal itu disampaikan Sunawardi, dalam agenda kunjungannya di Aula Kantor Camat Kecamatan Jeumpa dan Susoh, Kamis (12/9/2024).

Agenda tersebut mengusung tema “Mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai tertib dan lancar.”

Pj Bupati Sunawardi mengingatkan kepada seluruh ASN hingga para Keuchik dalam Kabupaten Abdya agar tidak terlibat dalam politik praktis pada pelaksanaan Pilkada 2024.

“Saya berharap ASN, Keuchik dan aparatur Desa netral di Pilkada 2024 ini. Kita tidak boleh berpolitik praktis, tapi kita ada hak pilih, maka gunakanlah dengan bijak,” ujarnya.

Ia menjelaskan, apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh ASN sudah diatur dalam Undang-Undang, terkait netralitas ASN dan PNS, bahkan honorer.

“ASN, Keuchik, imum mukim dan aparatur desa bagian dari pemerintah, maka dari itu harus mengikuti aturan, dan jangan coba-coba untuk terlibat langsung dalam politik praktis. Jika ada yang melanggar maka akan saya tindak dengan tegas dan siap menerima sanksi,” tegas Sunawardi.

Lebih lanjut, kata Sunawardi, pasangan calon (Paslon) Bupati yang maju dalam kontestasi Pilkada Abdya ini adalah putra-putra terbaik Abdya, sehingga masyarakat dapat menentukan putra terbaik dari tiga Paslon tersebut, tanpa adanya perpecahan apalagi memutuskan tali silaturahmi.

“Dari ketiganya siapapun terpilih nantinya itulah yang akan dilantik menjadi Bupati kita, jadi untuk apa harus ada perpecahan dan bertegang-tegang di kalangan bawah gara-gara Pilkada ini. Oleh karena itu, mari kita sukseskan Pilkada ini dengan damai, aman dan tentram sehingga Pillkada di Abdya dapat berjalan dengan sukses dan lancar,” pungkasnya.

Tidak hanya di Kecamatan Jeumpa, Pj Bupati Abdya Sunawardi juga berkunjung ke Kecamatan Susoh, dalam rangka yang sama.

Sunawardi juga meminta kepada Camat dan jajarannya, keuchik dan aparatur desa untuk sama-sama mensukseskan Pilkada di Abdya dengan damai.

Dalam acara tersebut turut hadir Kapolsek, Camat, Ketua Panwaslih Abdya, Panwascam, PPK dan para keuchik, unsur muspika, Imuem Mukim, serta tamu undangan lainnya. Dari Kecamatan Jeumpa dan Susoh, di tempat yang berbeda.(*)