BLANGPIDIE – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tengku Peukan yang berlokasi di Kompleks Masjid Jamik Baitul Adhim Kecamatan Blangpidie, Kabupaten setempat, Rabu (16/8/2023).

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut dihadiri Pj Bupati Abdya Darmansah, Ketua DPRK Nurdianto, Dandim Letkol Inf Roqich Hariadi, Kapolres AKBP Dhani Catra Nugraha, Kajari Heru Widjatmiko, dan para Kepala SKPK, serta lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur upacara ialah Pj Bupati Darmansah. Selanjutnya dilakukan peletakan karangan bunga dan di akhiri dengan tabur bunga bersama oleh unsur Forkopimda yang hadir.

Usai pelaksanaan upacara dan penaburan bunga di makam pahlawan Teungku Peukan, Dandim 0110/Abdya, Letkol Inf Roqich Hariadi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rutunitas yang selalu dilakukan jelang HUT RI sebagai wujud terimakasih kepada para pahlawan yang telah mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sudah menjadi kewajiban kita bagi penerus bangsa ini, menghormati dan menghargai jasa para pejuang tanah air kita, salah satunya melakukan ziarah ke makam pahlawan. Mereka adalah pahlawan yang sudah memperjuangkan kemerdekaan bahkan tanpa merasakan bagaimana kenikmatan merdeka itu sendiri,” ungkap Dandim.