Blangpidie, Acehglobal — Dalam dua pekan terakhir, mahasiswa di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Aceh Barat Daya (Abdya) mengalami serangan serangga Tomcat.

Akibatnya, sejumlah mahasiswa tersebut mengalami luka-luka serius di tubuh mereka, termasuk pembengkakan, kulit melepuh, hingga bernanah.

Serangga Tomcat, yang memiliki nama latin Paederus fuscipes, merupakan predator alami bagi hama ulat, wereng, dan penyakit kresek yang biasanya menyerang tanaman padi. Namun, kontak dengan cairan dari serangga ini dapat menyebabkan iritasi kulit parah pada manusia.

Dampak serangan Tomcat pada mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya sangat mengkhawatirkan.

Salah satu mahasiswa yang menjadi korban, Muliadi (23), menceritakan dirinya menjadi korban serangga Tomcat saat ditemui oleh Acehglobal, Sabtu (14/9/2024) di Kampus STKIP Muhammadiyah Abdya, Komplek Padang Meurante, Ujung Padang, Kecamatan Susoh.

“Saya sudah terkena serangan Tomcat sejak dua minggu lalu. Wajah, tangan, hingga tubuh saya terasa seperti terbakar atau tersiram air panas,” ujar Muliadi.

Menurutnya, cairan yang dikeluarkan oleh serangga tersebut adalah penyebab rasa sakit yang dialaminya, disertai munculnya bintik-bintik merah, pembengkakan, hingga pengelupasan kulit.

Meskipun telah menjalani pengobatan, Muliadi mengaku hingga kini bintik-bintik merah tersebut masih membekas di tubuhnya.

“Saya berharap pihak kampus dan instansi terkait segera bertindak agar serangan hama ini tidak semakin meluas dan menyerang mahasiswa lain,” pintanya.

Hal serupa juga dikeluhkan mahasiswa lain Putra Fuadi (21). Dia mengaku sudah dua kali diserang oleh serangga Tomcat. “Akibat terkena cairan Tomcat, kelopak mata dan bibir saya bengkak seperti terbakar,” ungkap Putra.

Dia juga mengatakan tidak mengetahui dari mana asal serangga tersebut dan mengapa bisa menyerang puluhan mahasiswa di kampusnya.

“Yang jelas, Tomcat masih berkeliaran di sekitar lingkungan kampus, terutama di malam hari,” kata Putra.

Dia pun berharap agar pihak kampus segera berkoordinasi dengan pemerintah untuk menanggulangi masalah ini sebelum korban bertambah.

Salah satu mahasiswi Mariati (20), juga menjadi korban. Pada Rabu (11/9), ia diserang Tomcat hingga menyebabkan wajahnya membengkak dan kulitnya melepuh.

“Ada juga korban lain yang sampai bernanah karena terkena serangga ini,” sebut Mariati.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Acehglobal, serangan Tomcat telah menimpa puluhan mahasiswa di kampus STKIP Muhammadiyah Abdya. (*)