Banda Aceh, Acehglobal – Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online (PW IWO) Provinsi Aceh resmi terbentuk. Hal itu tertuang dalam Surat Keputusan (SK) yang diterbitkan oleh Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) No : 024/SK/PP-IWO-WIL/VI/2024.

SK tersebut ditandatangani langsung oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jendral PP IWO, Dwi Cristianto dan Telly Nathalia di Jakarta pada tanggal 10 Juni 2024, Kepengurusan untuk Masa Bhakti 2025 – 2029.

Dalam petikan SK tersebut Chairan Manggeng di dapuk sebagai ketua PW IWO Provinsi Aceh, sedangkan Safri Jushar dan Sri Rahayu dipercaya sebagai Sekretaris dan bendahara.

Pimpinan Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO) Dwi Cristianto, dalam keterangannya melalui pesan WhatsApp, Selasa, (30/07/24) mengucapakan selamat atas terbentuk struktur kepengurusan PW IWO Aceh.

Dwi berharap dengan terbentuknya PW IWO Aceh hendaknya menjadi wadah organisasi yang solid sesama para rekan wartawan online di Provinsi Aceh.

“Alhamdulillah pada 08 Agustus mendatang Ikatan Wartawan Online genap berusia 12 tahun usianya, maka di Milad yang ke 12 Tahun ini kepengurusan Aceh PW Aceh menjadi kado terindah, di mana saudara kita di ujung barat PW IWO resmi terbentuk, kami berharap PW IWO Aceh menjadi wadah pemersatu sesama insan Pers Online dengan merangkul sesama dan mengedepankan musyawarah dalam setiap mengambil solusi terhadap masalah yang terjadi, serta dapat menjadi mitra dalam mewujudkan distribusi sosial untuk rakyat bersama pemerintah yang selalu mengedukasikan rakyat sebagai pilar ke Empat sebagai kontrol sosial,” kata Dwi Cristianto.

Sementara itu, Ketua PW IWO Aceh Chairan Manggeng yang dihubungi terpisah mengungkapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh PP IWO di Jakarta kepada rekan jurnalis di Aceh, dengan terbentuknya PW IWO Provinsi Aceh.

” Hadirnya PW IWO di Aceh adalah Oase untuk rekan Pers Online di Provinsi Aceh, dimana IWO ini sedikitnya sudah berusia sedikitnya 12 Tahun, tentu dengan pengalaman yang ada semua persoalan yang timbul dikalangan indan Pers Online sudah dapat teratasi, ini merupakan amanah yang sangat mulia untuk kami, dan amanah ini akan kami jaga dengan baik sesuai dengan harapan PP IWO untuk mewujudkan sinergisitas sesama insan pers online dalam setiap hal dan kemakmuran untuk segenap anggota nantinya, atas arahan tersebut kaki siap menjalankan sebaik mungkin, kami juga memerlukan dukungan dari kawan kawan pengurus PW IWO Aceh, agar semua terlaksana sebagaimana yang kita cita-citakan,” tutur mantan wartawan Metro TV tersebut.

Chairan yang merupakan putra Manggeng Abdya juga menambahkan bahwa kepengurusan PW IWO Provinsi Aceh periode 2024-2029, diharapkan dapat menjalankan roda organisasi IWO dengan baik dan amanah, dengan menjadi pewarta yang selalu mengedepankan kode etik dan visi misi organisasi IWO.

Dengan legalitas dan amanah kepengurusan ini, sambung Chairan, PW IWO Aceh berencana akan mempersiapkan sesegera mungkin pelantikan dan pengukuhan PW IWO Prov Aceh, dengan membetuk kepanitian kecil agar hajatan penting itu segera terealisasi. “InsyaAllah bulan sembilan ini kita rencanakan,” jelasnya.

Sedikitnya ada 25 nama wartawan online masuk kedalam Struktur kepengurusan PW IWO Provinsi Aceh untuk masa Bhakti 2024 – 2029, berikut susunan dan bidangnya :

Pembina :
Forkopimda Provinsi Aceh

Dewan Kehormatan :
Mayjend TNI (Purn) Teuku Abdul Hafil Fuddin S.H , S.IP, M.H
Romi Syah Putra S.E
Teuku Zulkarnaini

Dewan Etik
Chaidir
Sayyed Munawir Alydrus

Ketua :
Chairan Manggeng (www.NusaOne.com)
Sekretaris :
Safri Jushar (www.wartanad.id)
Wakil Sekretaris :
Rizky Sufi Riansyah (www.habarakyat.co.id)
Bendahara :
Sri Rahayu (www.acehpress.com)
Wakil Bendahara :
Lia (www.pewarta.co)

Bidang Bidang
Bidang organisasi, kaderisasi dan keanggotaan (OKK)
Mulyadi
Muswandi
Arjuna Putra

Bidang kesejahteraan anggota dan usaha
ZulFitri Salami
Syarindra Ali
Susianto

Bidang Advokasi hukum
Syukran
Muhammad Khalil
M Azhar Ali

Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang)
T Rafiqil Yunizardi
Subajriadi

Bidang Hubungan Masyarakat (Humas)
Ismail Zein
Baihaqi
Saif Askar Rija.(*)