Blangpidie, Acehglobal — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Dr. Safaruddin, MSP, kembali menunjukkan kepeduliannya dengan menyalurkan bantuan kepada korban musibah kebakaran yang menimpa Dayah Asyafi’iyyah di Gampong Pantee Rakyat, Kecamatan Babahrot, Aceh Barat Daya (Abdya), Jumat (31/5/2024).

Setelah sebelumnya menyerahkan bantuan kepada warga korban kebakaran di Gampong Lhok Gajah, Kecamatan Kuala Batee, Safaruddin melanjutkan perjalanannya ke Dayah Asyafi’iyyah.

Kebakaran yang terjadi di dayah tersebut menghanguskan bangunan asrama santri dua lantai yang berkontruksi kayu. Selain itu, sebagian atap mushalla di kompleks dayah juga turut terbakar.

Di lokasi kejadian, Safaruddin, yang didampingi oleh rombongan, menyerahkan bantuan berupa material bangunan seperti seng dan semen, serta uang santunan dari Baitul Mal Aceh. Bantuan tersebut diterima langsung oleh Pimpinan Dayah Asyafi’iyyah, Tgk. Abi Jauhari Rahman.

“Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan sedikit meringankan beban Dayah dan para santri yang terkena musibah kebakaran,” ujar Safaruddin.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB tersebut diduga disebabkan oleh korsleting listrik di asrama santriwati. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, meskipun kerugian materi diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Safaruddin saat meninjau bangunan asrama santri Dayah Asyafi’iyyah Babahrot yang ludes terbakar, Jumat (31/5/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Usai menyerahkan bantuan di Dayah Asyafi’iyyah, Safaruddin beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Gampong Alue Jeureujak, Kecamatan Babahrot, untuk meninjau rumah warga yang tertimpa pohon. Rumah tersebut milik Mas’id (58), yang dapurnya rusak parah akibat tertimpa pohon saat angin kencang dan hujan deras pada Selasa (21/5), sekitar pukul 13.30 WIB.