Blangpidie, Acehglobal — Calon Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) nomor urut 3, Dr Safarudin, akan memprioritaskan pengembangan pesisir pantai Gampong Lama Tuha, Kecamatan Kuala Batee menjadi destinasi wisata pantai domestik, apabila terpilih sebagai Bupati pada Pilkada 2024.

“Saya melihat, Gampong Lama Tuha memiliki pantai yang sangat potensial di sektor pariwisata. Jadi, jika dalam Pilkada 2024 ini kami terpilih, kami akan menghadirkan destinasi wisata Domestik di gampong ini,” kata Safaruddin dalam acara silaturahmi bersama masyarakat Gampong Lama Tuha, Jum’at (4/10/2024).

Menurut Safaruddin, potensi wisata pantai yang dimiliki Gampong Lama Tuha harus dikelola dengan baik. Terutama adanya sentuhan tangan pemerintah dalam pengembangannya.

Tidak kalah pentingnya, kata Safaruddin, masyarakat Lama Tuha harus terbiasa dengan kehadiran wisatawan ke gampong tersebut.

“Saya meminta kepada saudara saya di Lama Tuha supaya selalu menebar senyum jika datang pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai di gampong ini,” ujar Safaruddin.

Ia menjelaskan, keinginannya menghadirkan destinasi wisata domestik di Lama Tuha bertujuan untuk meningkatkan perputaran ekonomi masyarakat.

“Keinginan saya menghadirkan wisata domestik agar perputaran ekonomi masyarakat lebih meningkat lagi, dan Gampong Lama Tuha menjadi percontohan destinasi wisata pantai di Abdya,” ujar Safaruddin.

Selain destinasi wisata, Safaruddin, juga menyampaikan soal kelangkaan pupuk bagi petani. Apalagi, di gampong tersebut banyak masyarakat yang berprofesi sebagai petani.

“Jadi, perlu juga saya sampai jika nantinya kami dipercaya memimpin Abdya lima tahun kedepan, ibu, bapak tidak usah khawatir susah berjumpa dengan saya, karena di visi, misi kami juga ada program Bupati Saweu Gampong. Artinya, nanti saya punya agenda sebulan sekali akan turun ke desa-desa untuk menyerap aspirasi masyarakat,” katanya.(*)