Blangpidie, Acehglobal — Prajurit Kodim 0110/Aceh Barat Daya (Abdya) bersama seratusan personel gabungan Kepolisian, Forkopimda, Tagana, mahasiswa dan komponen masyarakat dalam kecamatan Susoh melaksanakan pengibaran bendera merah putih raksasa di Pulau Gosong, Rabu (14/8/2024).

Pengibaran bendera merah putih sebesar 9 kali 10 meter di pulau Gosong ini melalui upacara yang dipimpin langsung Dandim 0110/Abdya Letkol Inf Beni Maradona, S.Sos. Sementara Ketua Tagana Abdya Yasri Gusman didapuk selaku Komandan Upacara (Danup).

Kepada media, Letkol Beni mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selain sebagai moment menyambut kemerdekaan RI, juga sebagai kampanye promosi destinasi bahari Abdya.

Beni menyebut, pulau yang berjarak 3 km dari daratan pusat pelelangan Ikan (PPI) Ujung Serangga Susoh ini memiliki keindahan alam yang komplit. Selain digenangi air jernih yang permanen, Pulau Pusong juga menyimpan jutaan ekosistem terumbu karang.

Melalui momen tersebut, Dandim Abdya mengajak seluruh komponen untuk sama-sama menjaga dan merawat aset alam.

“Jadi, selain untuk meningkatkan semangat nasionalisme, kegiatan ini juga kita maksudkan sebagai kampanye promosi wisata bahari Abdya,” pungkasnya.

Usai melaksanakan pengibaran bendera merah putih, seluruh peserta melaksanakan gotong royong pembersihan pulau Gosong.

Kegiatan yang diinisiasi Tagana Abdya ini didukung oleh Pos AL, Polairud, dan sejumlah Keuchik yang tergabung dalam Apdesi Kecamatan Susoh. (*)