Banda Aceh, Acehglobal — Dewan Pengurus Wilayah Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (DPW BKPRMI) Provinsi Aceh memastikan akan mengirim peserta Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) XII Nasional akan berlangsung 24 – Oktober 2024 di Bekasi Jawa Barat.

ADVERTISEMENT

Hal itu disampaikan Direktur Wilayah LPPTKA BKPRMI Aceh, Imran Zulfitri MA
pada awak media usai rapat pleno DPW BKPRMI Aceh, Sabtu (12/10/2024).

BKPRMI Aceh, sebut Imran, melalui Lembaga Pembinaan Pengembangan Taman Kanak-kanak Al Quran (LPPTKA) akan mengutus utusan peserta Festival Anak Shaleh Indonesia, meskipun sampai saat ini masih terkendala dengan anggaran keberangkatan peserta.

Menurut Imran, pihaknya telah mengupayakan dengan segala cara agar utusan FASI XII dari Aceh ini hadir di event Nasional, dengan pembiayaan seperti FASI XI tahun 2022 dianggarkan oleh pemerintah Aceh.

ADVERTISEMENT

“Namun hingga jelang sepekan keberangkatan, panitia dalam hal ini LPPTKA Aceh belum mendapat dukungan Pemerintah Aceh walau telah melayangkan proposal ke Kantor Gubernur Aceh serta mengharap dapat beraudiensi dengan PJ. Gubernur Aceh untuk menyampaikan perjuangan anak-anak Aceh dalam Festival Qur’ani tersebut,” jelas Imran.

Jelang keberangkatan, LPPTKA BKPRMI Aceh bersama wali santri peserta FASI telah duduk musyawarah dan hasilnya keberangkatan santri peserta FASI Aceh ke Nasional dengan swadaya masing masing atau mandiri.

Untuk itu, bila ada tokoh masyarakat atau para aghniya yang ingin membantu proses FASI Aceh ke event nasional, bantuan dan dukungan sangat kami butuhkan, kata Imran, selaku penanggung jawab FASI XII Aceh.

Jumlah santri peserta FASI Aceh ke FASI Nasional, 22 orang hasil berlomba pada FASI Aceh di Blang Pidie tahun 2023. Idealnya hadir semua santri hasil FASI Aceh, namun karena format keberangkatan secara mandiri maka yang bersedia ikut serta ke event FASI Nasional, Aceh hanya 17 santri yang menyatakan kesiapannya.

ADVERTISEMENT

“Mereka terdiri dari Santri TPA Banda Aceh tiga orang, Aceh Besar lima orang dan Subulussalam tujuh orang, Simeulue dan Abdya masing-masing satu santri. Sedangkan Bireuen, dan Aceh Timur menyatakan belum siap ikut serta walau juara FASI Aceh 2023,” kata Imran.

Berikut Data Peserta FASI XII Tingkat Nasional di Asrama Haji Bekasi Jawa Barat 24 – 27 Oktober 2024:

1. Jawa Tengah 50 peserta
2. Bali 7 peserta
3. Papua Barat Daya 50 peserta
4. DI Yogyakarta 50 peserta
5. Banten 23 peserta
6. Jawa Timur 50 peserta
7. Kalimantan Utara 10 peserta
8. Sumatera Barat 8 peserta
9. Riau 33 peserta
10. Jambi 37 pst
11. Sulawesi Tengah 18 peserta
12. Aceh 17 peserta
13. Sumatera Utara 41 peserta
14. DKI Jakarta 50 peserta
15. Bangka Belitung 50 peserta
16. Sulawesi Selatan 46 peserta
17. Papua Barat 2 peserta
18. Kalimantan Selatan 50 peserta
19. Kalimantan Tengah 50 peserta
20. Kalimantan Timur 50 peserta
21. Sumatera Selatan 50 peserta
22. Kepulauan Riau 7 peserta
23. Kalimantan Barat 5 peserta. (*)