Blangpidie, Acehglobal — Tiga bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) yang maju pada Pilkada 2024 dikabarkan lulus setelah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh pada Selasa (3/9/2024).

Informasi ini diperoleh dari hasil tes kesehatan yang dibacakan langsung oleh masing-masing Paslon pada acara penandatanganan penyataan butir-butir MOU Helsinki dan UU Pemerintah Aceh di Gedung DPRK Abdya, Rabu (4/9/3024).

“Alhamdulillah, ketiga bakal pasangan Cabup-Cawabup Abdya yang maju di pilkada tahun ini lulus semua tes kesehatan,” kata salah seorang sumber yang hadir dalam acara tersebut.

Sebagaimana diketahui, bahwa tiga pasangan bakal Cabup-Cawabup Abdya ini telah mendaftarkan ke KIP Abdya pada Kamis (29/8) lalu, diantaranya Ir Jufri Hasanuddin MM – Ir Fakhruddin, Salman Alfarisi ST – Yusran, dan Dr Safaruddin – Zaman Akli.

Ketiga berkas pendaftaran ketiga pasangan ini dinyatakan lengkap oleh KIP Abdya.

Sebelumnya, Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu KIP Abdya, Deri Sudarma membenarkan ketiga bakal paslon bupati dan wakil bupati yang maju Pilkada Abdya telah menjalani tahapan tes kesehatan di RSU ZA.

“Hasil tes kesehatan telah diserahkan pada masing-masing Paslon. Dokumennya masih bersegel. Yang punya hak untuk membuka hasilnya hanya paslon itu sendiri,” ujar Deri yang dikonfirmasi wartawan via telpon, Rabu menjelang siang.

Deri menambahkan, hasil tes kesehatan tersebut nantinya di upload oleh masing-masing Paslon ke akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU Republik Indonesia.

Setelah tes kesehatan para paslon bupati dan wakil bupati Abdya ini akan mengikuti tahapan uji kemampuan baca Al-Qur’an yang rencananya akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Ghaffur Abdya, Kamis, 5 September 2024. (*)