Yerusalem — Tiga negara besar di benua Eropa menyatakan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina yang saat ini masih berkecamuk perang hebat dengan Zionis Israel.

Ketiga negara tersebut adalah Irlandia, Spanyol, dan Norwegia. Ketiga negara ini bakal mengakui kemerdekaan Palestina pada pada 28 Mei 2024.

Dalam keterangan resmi Hamas yang dikutip CNN Indonesia dari AFP, Kamis (23/5/2024), menyebutkan bahwa Kelompok Hamas dan Otoritas Palestina menyambut baik keputusan ketiga negara Eropa itu.

Hamas menyatakan keputusan Irlandia, Spanyol, dan Norwegia adalah langkah penting untuk menegaskan hak atas tanah milik rakyat Palestina sendiri.

“Kami melihat ini sebagai langkah penting untuk menegaskan hak kami atas tanah kami,” kata Hamas dalam keterangan tersebut.

Usai tiga negara yang akan mengakui kebebasan Palestina, Hamas juga meminta kepada negara-negara lain di dunia mengikuti langkah serupa agar dapat mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Pejabat senior Hamas Bassem Naim, mengatakan pengakuan berturut-turut oleh ketiga negara Eropa itu merupakan hasil nyata dari perlawanan berani dan ketabahan rakyat Palestina dalam memperjuangkan hak atas tanah milik mereka.