Tapaktuan, Acehglobal – Kepolisian berhasil mengamankan tiga orang yang diduga terlibat dalam pencurian sepeda motor di Desa Teupin Tinggi, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan.

Ketiganya ditangkap setelah menjadi sasaran amuk massa yang marah karena peristiwa tersebut.

Kapolsek Trumon, AKP Jumanto, dalam keterangannya Sabtu (19/10/2204), menyebutkan bahwa ketiga terduga pelaku berinisial H (43), AF (32), dan MSR (25), merupakan warga Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

“Mereka diamankan pada Jumat (18/10). Sebelumnya, ketiganya dilaporkan mencuri sepeda motor dan sempat menjadi sasaran kemarahan warga,” ujar AKP Jumanto.

Menurut keterangan polisi, peristiwa pencurian tersebut terjadi pada Jumat (18/10) di kawasan Trumon. Saat itu, korban memarkir sepeda motornya di tepi jalan, tak jauh dari sungai, sebelum memulai aktivitas memancing.

Secara tiba-tiba, sebuah mobil minibus Daihatsu Xenia berhenti di dekat lokasi sepeda motor yang diparkir. Tiga orang pelaku dengan cepat mengangkut sepeda motor tersebut ke dalam mobil dan melarikan diri ke arah Desa Keude Trumon.

Melihat sepeda motornya dicuri, korban segera berteriak meminta tolong dan berusaha mengejar pelaku. Korban juga menghubungi keluarganya yang berada di Desa Keude Trumon untuk menghadang mobil para pelaku.

“Mendapat laporan dari korban, warga Desa Keude Trumon berkumpul dan berusaha menghadang. Pelaku yang panik melihat kerumunan warga kemudian kehilangan kendali saat mengemudikan mobilnya,” kata AKP Jumanto.

Mobil terduga pencuri sepeda motor dibakar massa di Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. (FOTO: ANTARA/Dok. Polsek Trumon)

Akibat kepanikan tersebut, pengemudi minibus menabrak dua orang warga, yakni Noval (11) dan Marlijon (47), sebelum akhirnya kendaraan berhenti setelah menabrak tumpukan batu di pinggir jalan.

“Setelah mobil berhenti, massa segera menarik ketiga pelaku keluar dari dalam mobil dan memukuli mereka. Tidak hanya itu, massa juga membakar mobil yang digunakan pelaku,” jelas Jumanto.

Beruntung, polisi segera tiba di lokasi dan berhasil mengamankan ketiga terduga pelaku dari amukan massa. Ketiganya kini ditahan di Polsek Trumon untuk menjalani proses hukum lebih lanjut.

Sementara itu, dua warga yang ditabrak mobil pelaku telah dilarikan ke Puskesmas Trumon untuk mendapatkan perawatan medis.(*)