Banda Aceh, Acehglobal — Tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional / PON XXI 2024 Aceh-Sumut saling berbagi emas di nomor down river race (DRR) kategori R6 cabang olahraga arung jeram.

Aceh meraih emas di sektor putra, sedangkan Sumut menguasai sektor putri, yang berlangsung di Sungai Alas Ketambe, Aceh Tenggara, Kamis (12/9/2024).

Bagi Aceh, ini merupakan emas bersejarah bagi mereka, mengingat cabang olahraga ini kali pertama dipertandingan di multievent olahraga nasional.

Pj Bupati Aceh Tenggara, Syakir yang datang memantau langsung perlombaan hari pertama cabang arung jeram ini pun sampai menangis terharu saat mendengar kabar tersebut.

“Saya terharu akhirnya emas pertama arung jeram bisa diraih oleh Aceh. Bangga, karena kami sebagai tuan rumah turut ikut menyumbangkan medali emas,” ucapnya, dari rilis Pemkab Aceh Tenggara.

Putra Aceh mendapatkan emas setelah mencatatkan waktu tercepat 20 menit 45,05 detik setelah menempuh jarak sekitar 4 km. Mereka menyisihkan Sumut yang finis tercepat kedua dengan selisih 13,92 detik.

Sementara Kalsel harus puas dengan raihan perunggu, usai finis di posisi ketiga dengan catatan waktu 21 menit 12,10 detik.

Aceh sendiri sebenarnya start kedua setelah Sumatra Barat, namun mereka mampu melampaui untuk kemudian menyundul terdepan dalam catatan waktu.

Sementara Sumatra Barat sendiri harus puas menempati peringkat keempat setelah hanya menghasilkan waktu 21 menit 38,60 detik. Perlombaan nomor DRR R6 kategori putra ini diikuti oleh 7 provinsi. (Ip)