Banda Aceh, Acehglobal — Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan Seminar Nasional Mahasiswa dengan tema “Radikalisasi Agama: Mengidentifikasi Akar Penyebab dan Solusinya”.

Acara ini berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024, di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Seminar ini menghadirkan enam narasumber utama yang memiliki keahlian dan pengalaman luas dalam bidangnya. Mereka adalah Fakhri Aly, Penasehat Menteri PPN/Kepala Bapenas RI; Syamsul Rijal, Guru Besar Filsafat Islam UIN Ar-Raniry; dan Mohammed Jafar Fadhel Jaber Bani Lam dari University Al-Mustafa International, Iran.

Selain itu, hadir juga Roslan Abdul Rahim dari Universitas Sultan Azlanshah, Malaysia; Dwi Ruby Khalifah, Pendiri dan Direktur Aman Indonesia serta Ketua Jaringan Demokrasi Asia; dan Suraiya IT, dosen di FUF UIN Ar-Raniry.

Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Salman Abdul Muthalib, menekankan pentingnya seminar ini sebagai langkah strategis untuk menghadapi tantangan zaman, khususnya radikalisme agama.

“Kegiatan seperti ini akan terus kita laksanakan untuk menyikapi berbagai isu dan persoalan yang terjadi dalam masyarakat sesuai dengan kebutuhan zaman,” ujar Salman.