“Berdasarkan data ini, menunjukkan jika belanja pegawai Aceh tidak lah tinggi bila dibandingkan dengan provinsi lainnya,” kata Plh Kepala Biro Adpim Setda Aceh, Rahmadin.

Banda Aceh – Provinsi Aceh menempati peringkat keenam terendah secara nasional dalam hal persentase anggaran untuk belanja pegawai tahun 2022. Data ini dikutip oleh media datanesia.id dari Kementerian Keuangan RI.

Meskipun begitu, angka tersebut tidak dapat dijadikan indikator tunggal untuk menilai efektivitas pengelolaan keuangan di suatu daerah.

Plh Kepala Biro Adpim Setda Aceh, Rahmadin mengatakan, bahwa berdasarkan data tersebut, Aceh menunjukkan belanja pegawai yang relatif tidak tinggi dibandingkan dengan provinsi lainnya.

“Berdasarkan data ini, menunjukkan jika belanja pegawai Aceh tidak lah tinggi bila dibandingkan dengan provinsi lainnya,” kata Plh Kepala Biro Adpim Setda Aceh, Rahmadin, Sabtu, (18/2/2022).

Akan tetapi, Datanesia melakukan analisis pada data tahun 2022 dan menemukan bahwa tidak ada satu pun daerah yang memiliki kemandirian fiskal yang tinggi.

Dari hasil analisis tersebut, skor tertinggi diperoleh oleh DKI Jakarta, dengan porsi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar 72,5% dari total penerimaan daerah.