Blangpidie, Acehglobal — Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Provinsi Aceh menggandeng Kantor Hukum Rahmat dan Partners untuk pendampingan hukum bagi pemerintah desa.

Tahap awal, kerja sama tersebut telah dilakukan di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh.

Ketua Apdesi Abdya, Venny Kurnia mengatakan, tujuan kerja sama tersebut bertujuan untuk memberikan bantuan hukum, sosialisasi hukum serta melakukan advis atau konsultasi hukum dan legal drafting untuk desa-desa.

Sejauh ini, menurut Venny, banyak kepala desa merasa kewalahan jika menghadapi perkara yang menyangkut dengan hukum, maka itu untuk menyelesaikan persoalan tersebut sangat penting agar adanya pendampingan dari kantor hukum atau kuasa-kuasa hukum.

“Tidak semua kepala desa di Abdya mengerti akan hukum dan hal-hal yang ada di desa sangat mudah menjadi persoalan hukum. Maka oleh sebabnya, saya mengajak kepala desa di Abdya untuk segera membuat kontrak kerja sama ini dengan Kantor Hukum Rahmat dan Partners,” ujar Venny, Senin (24/6/2024) di Blangpidie.

Ketua Apdesi Babahrot, Muhammad Taufiq menyambut baik kerja sama pendampingan hukum tersebut, hal itu bertujuan untuk membantu para kepala desa terutama yang ada di Babahrot tersangkut perkara hukum.