Cegah Stunting, Gampong Kuta Tinggi Abdya Gelar Rumah Desa Sehat

  • Whatsapp
Cegah Stunting, Gampong Kuta Tinggi Abdya Gelar Rumah Desa Sehat
Para peserta dari balita yang didampingi oleh orang tua, dan ibu hamil KEK atau Resti berfoto bersama Pemerintah Gampong Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Abdya usai kegiatan RDS yang berlangsung di Aula Kantor Keuchik Gampong setempat, Selasa (2/11/2021). FOTO : GLOBAL/SALMAN.

GLOBAL BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan Rumah Desa Sehat (RDS) atau Rumah Gizi Gampong (RGG) di Kantor Keuchik Gampong setempat, Selasa (2/11/2021).

Pj Keuchik Gampong Kuta Tinggi, Tabrani menjelaskan, kegiatan RDS merupakan salah satu prioritas dana desa tahun 2021 dalam upaya pencegahan angka balita stunting atau gizi buruk di desa.

Bacaan Lainnya

“Tujuan kegiatan RDS untuk pencegahan stunting dan edukasi kepada sasaran agar peduli dan sadar gizi, dengan lebih giat mengkonsumsi makanan bergizi,” ujar Tabrani yang didampingi Sekdes, Rahmat Firnanda.

Tambah Tabrani, peserta yang menjadi sasaran kegiatan RDS berjumlah 12 orang yang terdiri dari 9 balita stunting dan 3 orang ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK) atau resiko kehamilan tinggi (Resti).

“Khususnya bumil KEK, kita minta untuk istirahat yang cukup dan rutin malakukan kunjungan ke Posyandu sesuai jadwal,” pesannya.

Kemudian, terkait kelayakan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil, Tabrani meminta agar terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan petugas kesehatan, baik bidan desa maupun tim kesehatan di Puskesmas.

“Semoga balita kita terbebas dari stunting dan para Bumil juga terbebas dari KEK atau Resti, sehat dan selamat dalam proses persalinan nanti,” ucapnya.

Pada kegiatan RDS tersebut menyajikan berbagai jenis makanan bergizi untuk dimakan oleh peserta sasaran, meliputi ayam, sayur sop, telor, bubur kacang ijo, ikan lauk pauk, serta buah-buahan.

Kegiatan itu dihadiri oleh Pendamping Desa (PDP) Kecamatan Blangpidie, M Tahir, aparatur desa dan seluruh pengurus RDS Gampong Kuta Tinggi. (*)

Pos terkait