Forkopimda Jatim Bentuk Satgas Penanganan Banjir Bandang Kota Batu

  • Whatsapp
Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta bersama Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, PLH Sekda Jatim Heru Tjahjono, dan Pejabat Utama Polda Jatim, serta Forkopimda Kota Batu, saat diwawancarai wartawan di lokasi bencana banjir di Kota Batu, Jum'at (5/11/2021). FOTO : GLOBAL/YUNIANTO.

GLOBAL JATIM – Forkopimda Jawa Timur (Jatim) dan Forkopimda Kota Batu membentuk Satuan Tugas (Satgas) Gabungan dalam rangka penanganan banjir bandang di wilayah Kota Batu.

Pembentukan Satgas tersebut mencuat dalam rapat koordinasi penanganan banjir yang dihadiri Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan, PLH Sekda Jatim Heru Tjahjono, dan Pejabat Utama Polda Jatim, serta Forkopimda Kota Batu, Jum’at (5/11/2021).

Satgas Gabungan penanganan banjir yang dibentuk itu terdiri dari berbagai unsur pemerintah Provinsi Jatim, Pemerintah Kota Batu, unsur TNI dan Polri.

Usai melakukan rapat, Kapolda Jatim bersama Sekda, Kasdam dan Walikota Batu melakukan peninjauan ke lokasi kejadian bencana.

Kapolda mengatakan, setelah Posko Penanganan Banjir tersebut terbentuk, maka pihaknya bersama Forkompinda Kota Batu juga membentuk satgas-satgas lainnya.

“Yang pertama yaitu satgas pemulihan, yang kedua adalah satgas identifikasi korban, yang ketiga adalah satgas logistik, lalu yang keempat adalah satgas komunikasi, yang ke lima satgas pendataan,” ujar Kapolda Irjen Pol Nico.

Kapolda mengatakan, dengan terbentuknya Satgas Gabungan ini, maka diharapkan tim dalam Satgas dapat bersinergi dan bekerja dengan baik.

“Langkah pertama adalah pemulihan dengan pembersihan, yang kedua dari beberapa korban tadi sudah ditemukan, tinggal satu orang yang belum, yang ketiga mohon masyarakat apabila terjadi hujan lagi agar lebih waspada,” ulasnya.

Pihaknya mengaku, akan menginformasikan kepada masyarakat situasi air di sepanjang jalur sungai.

Kapolda juga menuturkan, akan terus melakukan analisa dan evaluasi terkait dengan Satgas yang sudah dibentuk tersebut, sehingga situasi bisa cepat pulih kembali.

“Tentunya kami merelokasi dulu, selanjutnya mencari korban yang dan memberikan pelayanan kesehatan serta logistik sudah terpenuhi,” tambahnya saat di lokasi kejadian.

“Kami bersama bapak Sekda, bapak Kasdam dan Ibu Walikota tadi membentuk tim-tim yang sudah kami bentuk, yang paling penting tolong kepada masyarakat kalau nanti dihimbau untuk mengungsi tolong diikuti terlebih dahulu, karena takutnya nanti kalau ada hujan susulan dan akan terjadi longsoran lanjutan, jadi itu yang paling penting. Ayo patuhi apa yang disampaikan oleh petugas,” pesan Kapolda. (*)

Pos terkait