Perdana, Perpani Launching Olahraga Panahan di Abdya

  • Whatsapp

GLOBAL BLANGPIDIE – Pengurus Cabang Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), mengadakan kegiatan soft launching panahan bagi para siswa-siswi SMA/SMK dalam kabupaten setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung sekira pukul 10.00 WIB pagi di lapangan Persada, Desa Kedai Siblah, Kecamatan Blangpidie, Senin (28/12/2021).

Pada kegiatan soft launching perdana panahan tersebut turut dihadiri Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Abdya, dan Kabid Pemuda dan Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Abdya.

Sekretaris KONI Abdya, Jufri Yusuf menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan yang perdana di Abdya setelah terbentuknya Pengurus Cabang Perpani di kabupaten berjulukan breuh sigupai ini.

“Kegiatan panahan ini bertujuan untuk memperkenalkan sarana olahraga panahan kepada siswa dan siswi pada jenjang SMA dan SMK,” ujar Jufri.

Jufri berharap, perlu adanya pembinaan yang berkelanjutan terhadap olahraga panahan, mengingat olahraga itu telah dimulai semenjak zaman Rasulullah SAW.

Menurutnya, selama ini kegemaran berolahraga panahan terhalang dengan tidak adanya peralatan yang lengkap.

“Nah, pada hari ini Pengurus Cabang Perpani Abdya sudah berusaha maksimal, sehingga sarana untuk kebutuhan latihan atlit sudah terpenuhi di Perpani Abdya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kata Jufri, Olahraga panahan ternyata adalah salah satu olahraga yang dianjurkan agama Islam.

“Panahan menjadi Sunah Nabi Muhammad selain berenang dan berkuda,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Perpani Abdya, Zainuddin menyerukan kepada generasi muda agar mulai fokus terhadap olahraga panahan.

“Kami sudah mulai menyediakan sarana olahraga panahan ini di Abdya. Untuk sementara waktu peralatan olahraga yang kita pakai ini merupakan hibah dari pengprov panahan Aceh,” kata Zainuddin yang didampingi Ketua Harian Perpani Abdya, Peltu Arif Lizar dan Sekretaris, Ilham Yani.

Ketua Perpani Abdya ini, mengucapkan terimakasih kepada Ketua Pengprov Perpani Aceh, yakni Prof. Dr. Nyak Amir, S. Pd. M.Pd atas dukungan dan bantuan tersebut.

“Semoga putra putri kita semakin menggemari Olahraga ini,” ucapnya.

Zainuddin, disela-sela mempersiapkan peralatan menjelaskan, bahwa olahraga panahan jika dilakukan secara rutin, maka bisa melatih fokus, keseimbangan dan kontrol.

“Karena dalam memanah, perlu sinkronisasi otot dan otak saat memegang busur dan mengarahkannya ke sasaran,” terangnya. (*)

Pos terkait