Warga Gampong Cot Jeurat Blangpidie Terima BLT DD Sembari Lakukan Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp
TEKS : Warga memperlihatkan surat keterangan telah vaksin dan uang tunai BLT senilai Rp 300 ribu yang didampingi Pj Keuchik Gampong Cot Jeurat, Babinkamtibmas, Babinsa, PLD dan aparatur desa. FOTO : GLOBAL/SALMAN

GLOBAL BLANGPIDIE – Warga Gampong Cot Jeurat, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menerima bantuan langsung tunai dana desa (BLT DD) bulan November 2021 di Aula Pustu Gampong setempat, Sabtu (20/11/2021).

Amatan acehglobalnews.com, di lokasi penyaluran BLT tampak adanya pelayanan penyuntikan vaksin oleh tim kesehatan Puskesmas Blangpidie bagi warga yang belum vaksin.

Bacaan Lainnya

Setiap warga terlebih dahulu melakukan vaksinasi agar dapat mengambil bantuan tunai dari dana desa tersebut, jika warga bersangkutan belum vaksin.

Pj Keuchik Gampong Cot Jeurat, Heri Sofiandi di sela-sela penyaluran BLT menjelaskan warga penerima bantuan berjumlah 53 kepala keluarga (KK).

Sesuai Perpres Nomor 14 Tahun 2021, warga disyaratkan menunjukkan surat keterangan vaksin untuk mengambil bantuan tersebut.

“Jumlah penerima BLT ada 53 KK, namun yang baru saja mengambil bantuan karena sudah vaksin hingga saat ini sebanyak 12 KK,” ujarnya.

Heri mengaku pihaknya sebelumnya sudah memberikan pengumuman dan sosialisasi kepada warga, baik melalui pengeras suara di mesjid maupun door to door oleh kepala dusun untuk mengajak warga melakukan vaksinasi.

Akan tetapi, hingga pelayanan vaksinasi ini dibuka di Pustu Cot Jeurat sampai pukul 11.00 WIB menjelang siang, antusias warga yang datang mengambil bantuan terlihat menurun.

“Sejauh ini kita gak tau, apa mungkin warga belum datang, karena sibuk masih bekerja di luar atau memang sama sekali enggan ambil bantuan karena belum vaksinasi,” jelasnya.

Heri menegaskan, bagi warga penerima bantuan belum mengikuti vaksin, maka pemerintah desa tetap akan menunda sementara bantuan BLT tersebut.

Dan, pihaknya juga mengaku tidak berani mengambil resiko memaksakan bantuan itu tetap disalurkan kepada warga, apabila belum divaksin.

“Kecuali, dinyatakan sakit berat dengan memperlihatkan surat keterangan tidak bisa divaksin dari dokter spesialis, atau warga lansia memang secara fisik dalam kondisi tubuh telah ozor. Kriteria itu masih bisa dipertimbangkan untuk diberikan BLT,” terangnya.

Oleh sebab itu, Heri kembali mengajak warganya agar ikut berpartisipasi melakukan vaksinasi Covid-19 di tempat-tempat layanan gerai vaksin yang disediakan Satgas Covid Kecamatan dan Kabupaten Abdya.

Turut hadir pada kegiatan penyaluran BLT tersebut, yaitu Kapolsek Blangpidie, Iptu Fitriadi SH, sejumlah Personel Babinkamtibnas dan Babinsa, Tim Nakes Puskesmas Blangpidie, PLD Gampong Cot Jeurat, Tuha Peut serta seluruh aparatur desa setempat. (*)

Pos terkait